Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran Pesawat Sederhana Kelas V SDN Gunungsari, Kabupaten Madiun

Authors

  • Yuliana Ayu Maharani Universitas PGRI Madiun
  • Supriadi Joko Universitas PGRI Madiun
  • Cicilia Novi Primiani Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.610

Keywords:

media diorama, pesawat sederhana, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA pada kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan tahap 4-D (define, design, development, disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Hasil validasi dari dua validator dengan presentase 87,50%, hasil respon siswa uji coba kelas eksperimen dengan presentase 88,00% dan hasil belajar yang tidak diberi perlakuan dengan diberi perlakuan menunjukkan perbedaan yang signifikan, uji hipotesis pembelajaran diperoleh thitung = 3,803 > ttabel = 2,10.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A. 2018. Pengembangan Media Diorama Siklus Hujan Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Media Diorama Siklus Hujan Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar, 13.

Agustiana, I Gusti Ayu Tri dan I Nyoman Tika. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Ombak. 257-258.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 82-83.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 193-194.

Azmiyawati, Choiril. dkk. 2008. IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V. Jakarta. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 98.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 8-18.

Kiswandari, S. 2016. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA DAUR AIR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD. BASIC EDUCATION, 5(10), 970-975.

Maryati, R. 2017. Pengembangan Media Diorama Papercraft Untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Berpendekatan Saintifik Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo. BAPALA, 4(1), 5.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:Referensi (GP Press Group), 109.

MURIS, A. F., & Soegiyanto, U. 2015. PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 3(8), 2-54.

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 175-176.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT indeks Permata Puri Media, 4-3.

Sudaryono, Gaguk margono, dan Wardani Rahayu. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 49.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana, 243.

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

Maharani, Y. A. ., Joko, S. ., & Primiani, C. N. . (2018). Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran Pesawat Sederhana Kelas V SDN Gunungsari, Kabupaten Madiun. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 442–452. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.610