Validitas Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir dan Menanamkan Karakter bagi Siswa SMA Kota Gorontalo

Authors

  • Masra Latjompoh Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.607

Keywords:

perangkat ajar, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir, karakter, Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengembangkan perangkat pembelajaran terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan buku siswa. Prosedur penelitian terdiri dari beberapa fase: studi pendahuluan, pengembangan model, validasi model, operasional model, validasi perangkat, dan validasi empiris. Bagian ini melaporkan hasil validasi perangkat pembelajaran dikembangkan berorientasi keterampilan proses sains. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berorientasi keterampilan proses sains adalah valid dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran IPA Biologi untuk melatih kemampuan berpikir dan menanamkan karakter bagi siswa SMA Kota Gorontalo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinbola, A. O., & Afolabi, F. (2010). Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. AmericanEurasian Journal of Scientific Research , 5 (4), 234-240.

Arends, R.I. (2012). Learning To Teach. Ninth Edition. New York: Mc Graw Hill.

Borg & Gall, M.D (2001) Educational Research. Boston; Pearson Education Inc.

Dahar, R. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains.Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7 Nomor 1, 2006. Semarang: UNNES.

Karsli, F., and Sahin, C. 2009. Developing worksheet based on science process skills: Factors affecting solubility. In Asia-Pacific Forum Sci. Learn. and Teach., 10(1):4-16.

Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nieveen, N. (2010). “Formative Evaluation in Educational Design Research”. Dalam Ploom, T; Nieveen , N. (eds) An Introduction to Educational Design Research, 8 – 101. Enschede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development.

Rustaman, Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi Malang: UM Press.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan edisi 3 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock, J.W. (2011). Psikologi Pendidikan edisi 3 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology Theory and Practice. Eight edition. Boston: Allyn and Bacon.

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

Latjompoh, M. . (2018). Validitas Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir dan Menanamkan Karakter bagi Siswa SMA Kota Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 470–477. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.607