Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi Di Universitas Kapuas Sintang, Kalimantan Barat
DOI:
https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.613Keywords:
calon guru biologi, literasi sains, Universitas Kapuas SintangAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui profil literasi sains mahasiswa calon guru biologi di Universitas Kapuas Sintang.Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif menggunakan kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru biologi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman konten, proses dan aplikasi sains, rendahnya kesadaran membaca, menulis dan bereksperimen aktif.
Downloads
References
Haristy DR., Enawaty E., & Lestari, I. 2012. Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (12), 1-13.
Ibrahim MA, Apar, Hafiz N. 2006. Tahap Literasi Sains dalam Kalangan Pelajar Tingkatan Empat Sekolah Akhir Agama Di daerah Hilir Perak. Perak : UTM.
NcREL & Metiri Group. 2003. enGauge 21st century skills: literacy in the digital age. US: NCREL & Metiri Group Soh.
Tarsad N, & Osman K. 2010. The relationship of 21st century skills on students’ attitude and perception towards physics. Procedia Social and Behavioral Sciences 7(C): 546–554
Nofiana M, Julianto T. 2017. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Sains Sosial dan humaniora, 1(2), 77-84.
OECD-PISA. 2004. Learning for Tomorrow’s World. USA : OECD-PISA.
Pusat Penilaian Pendidikan Litbang. 2011. Survey Internasional PISA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Riduwan, 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Toharudin U, Hendrawati S, Rustaman A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Humaniora.
Turiman, P., Omar, J., Daud, A., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st century skills through
scientific literacy and science process skills. Procedia Social and Behavioral Sciences,59, 110 – 116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Prosiding Seminar Nasional Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.