Menjadi Scientis dalam Pembelajaran Genetika melalui Implementasi Didactical Desain Research Berbasis Pengetahuan Metakognitif
DOI:
https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.608Keywords:
Genetika, Didactical, Desain Research, metakognitifAbstract
Pembelajaran penemuan konsep Biologi di sekolah banyak mengalami masalah khususnya pada konsep Genetika.Hal ini disebabkan urutan konsep yang harus dipelajari siswa tidak ditata dengan baik.Hubungan di antara konsep tidak diperhatikan.Guru adalah scientis yang dapat melakukan inquiry mengajar dengan mengimplementasikan kerangka berpikir Didactical Desain Research untuk berpikir sistematis. Dengan mengembangkan instrument berpikir Metakognitif siswa dapat memahami konsep genetika.Oleh sebab itu peranan guru penting dalam menyajikan pembelajaran yang sistematis sesuai kebutuhan siswa, bukan mengajar sebanyak mungkin konsep kepada siswa tanpa makna.
Downloads
References
Kansanen, P. (2003). Studying-theRealistic Bridge Between Instruction and Learning. An Attempt to a Conceptual Whole of the Teaching-Studying-Learning Process. Educational Studies, Vol. 29,No. 2/3, 221-232
Abdul, A., Hasan, A. Rahman (2010) Kajian Hasil Ujian Nasional di SMAN Se-Kabupaten Gorontalo Utara. Laporan Penelitian IMHERE. Lemlit Universitas Negeri Gorontalo.
Nusantari. E. 2012. Perbedaan Pemahaman Awal tentang Konsep Genetika pada Siswa, Mahasiswa, Guru-Dosen dan Implikasinya terhadap Pemahaman Genetika. Jurnal Ilmu Pendidikan Univ. Neg.Malang. Edisi Desember 2012.ISSN 0215-9643.Jilid 18 No 2.Halaman 125-252.
Rompayom, P., Tambunchong, C. Wongyounoi, S., & Dechsri, P. 2010. “The Development of Metacognitive Inventory to Measure Students’ Metacognitive Knowledge Related to Chemical Bonding Conceptions”. Paper Presented at International Association for Educational Assessment (IAEA).
Suryadi, D. (2008). Metapedadidaktik dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Strategi Pengembangan Diri Menuju Guru Matematika Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar, UPI.
Suryadi, D. Yulianti, K. Junaeti, E. (2009). Model Antisipasi dan Situasi Didaktis dalam Pembelajaran Matematika Kombinatorik Berbasis Pendekatan Tidak Langsung. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI
Suryadi, d. 2010. Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Disajikan pada Seminar Nasional Pembelajaran MIPA di UM Malang, 13 November 2010.
Suryadi, D. Suratno,T. 2014. Kemandirian Pendidik..Kisah Pendidik Reflektif dan Profesional Pembelajaran. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.Bandung: Rizki Press.
Syaiful, 2011. Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama. Edumatica Volume 01 Nomor 2, ISSN : 2088-2157
Suwono. 2011. Merancang Rencana Pembelajaran Inovatif dalam Inquiry Mengajar.(http://www.hadisuwono.blogspot.com. (online) diakses Oktober 2013)
Tayeb, S. Hasan, A., Nusantari (2015) Pengembangan Instrumen Pengetahuan Metakognitif Tentang Materi Pewarisan Sifat Pada Mata Pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Gorontalo. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Prosiding Seminar Nasional Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.