Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA 4 MAN 1 Kota Kediri pada Materi Vertebrata

Authors

  • Fauziah Lailatu Nikmah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dwi Ari Budiretnani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poppy Rahmatika Primandiri Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.618

Keywords:

Think Pair Share, berpikir kritis, vertebrata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 4 MAN 1 Kota Kediri sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar validasi, lembar LDS, dan tes. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat berpikir kritis siswa dengan menggunakan tes tulis. Teknik analisis data menggunakan jenis data kuantitatif dengan pelaksanaan tes pada siklus I dan siklus II. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan scale green pada siklus I yang paling tinggi adalah Kategori Ok terdapat 17 siswa dan pada siklus II sebanyak 24 siswa. Sedangkan, berdasarkan hasil data menggunakan skala gain hanya terdapat dua kategori saja yaitu sebanyak 22 siswa dikategorikan memiliki tingkat berfikir kritis sedang dan ada 17 siswa dikategorikan memiliki tingkat berfikir kritis rendah. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan melalui penerapan strategi TPS dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada materi vertebrata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S.2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara, Boleng, D.T.2014.Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think- Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis,Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis.Jurnal Pendidikan Sains,2, (2), 76-84.

Ennis, R. H. 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills, (online),(http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journal/ed_lead/el_1985_ennis.pdf).

Greenstein.L.2012.Asseing 21st Century Skill A Guide to Evaluating Mastery And Authentic Learning. Thousand Oaks, California:Corwin A. Sage Company.

Lestari, I., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial peserta didik kelas VIII. Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015 “ Peran Biologi Dan Pendidikan Biologi Dalam Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berdayasaing Global ,” 465–471. Retrieved from research-report.umm.ac.id

Marlina,Hajidin & Ikhsan. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe hinkPairShare (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan DisposisiMatematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal didaktik Matematika, 1(1):83-95.

Meltzer, D.E. (2002). The Relathionship between Matemathics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics “Hidden Variabel” in Diagnostics Pretest Scores. Dalam Americanb Journal of Physics. Vol. 70 (12) 1259- 1268.[online].Tersedia:http.//www.physics.iastate.edu/per/docs/addendum_on_normalized_gain. [9 Oktober 2006],

Siti Zubaidah. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan Yang Diajarkan, (2), 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

Nikmah, F. L. ., Budiretnani, D. A. ., & Primandiri, P. R. . (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA 4 MAN 1 Kota Kediri pada Materi Vertebrata. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 405–408. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.618