Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Koordinasi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI MIPA 4 SMAN 3 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.619Keywords:
Problem Based Learning, keterampilan metakognitifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah pada strategi pembelajaran Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan Keterampilan Metakognitif siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 3 Kediri pada materi Sistem Koordinasi Manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas terintegrasi post test pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data tingkat keterampilan metakognitif siswa kelas XI MIPA 4 menggunakan rating skala green dan gain menunjukan peningkatan yang signifikan. Menurut hasil pengukuran skala green pada siklus I yang masuk dalam kategori sangat baik sebanyak 5 siswa sedangkan pada siklus II sebanyak 7 siswa lalu pada siklus I kategori baik sebanyak 16 siswa sedangkan pada siklus II sebanyak 21 siswa. Sedangkan pada siklus I kategori cukup sebanyak 12 siswa sedangkan pada siklus II sebanyak 7 siswa. Kategori kurang pada siklus I sebanyak 2 siswa dan Kategori sangat kurang dan belum baik pada siklus I dan siklus II sama sekali tidak ada. Peningkatan keterampilan metakognitif paling tinggi menurut pengukuran skala green masuk dalam kategori baik. Sedangkan menurut hasil rating skala gain yang memiliki kategori rendah sebanyak 13 siswa, pada kategori sedang sebanyak 22 siswa dan pada kategori tinggi tidak ada. Peningkatan keterampilan metakognitif paling tinggi menurut pengukuran gain masuk dalam kategori sedang.
Downloads
References
Anila, R. B., Masruri, R., Irawati, F., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. 2015. Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar , Keterampilan Inkuiri dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMPN Kediri Pada Materi Perubahan dan Pencemaran Lingkungan The Application of Problem Bassed Learning to Improve. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi UNS 2015, 446–449.
Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk Mengajar , Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.
Corebima. 2009. Berdayakan Ketrampilan Berpikir selama Pembelajaran SAINS demi masa depan kita. Surabaya: UNESA University Press.
Gayatri. 2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Ketrampilan Pembuatan Proposal Penelitian Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 1 (14) : 2302- 8556.
Irawati, F., Kurniawan, H. C., Rahmatikaprimandiri, P., & Santoso, A. M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Inkuiri dan Keterampilan Metakognisi Siswa Kelas XIIPASMAN 6 Kediri The Effect of Guided Inquiry Studying Models Toward Skills of Inquiryand Skills of Metacognition for Students of XI Sc.
Kurniawan, H. C., Irawati, F., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Inkuiri , Keterampilan Metakognisi , Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII MTsN Panglungan The Effectiveness of Guided Discovery Learning Model for The Skills of Inquiry , Meta, 117–121.
Susantini, E. 2004. Memperbaiki Kualitas Proses Belajar Genetika Melalui Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Kooperatif pada Siswa SMU. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Wahyuningtyas, E., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbasis Local Materials ( LM ) Melalui Lesson Study ( LS ) untuk Meningkatkan Ketrampilan Metakognisi , Ketrampilan Inkuiri dan Hasil Belajar Siswa Kelas X5 SMAN 1 Mojo Kediri pada Materi Tumbuh, (Lm), 353–358.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Prosiding Seminar Nasional Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.