Penguatan Mutu Pendidikan melalui Integrasi Hasil Riset dalam Pembelajaran: Studi Kasus Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Riset Mutasi Gen CpTI pada Jatropha curcas L.

Authors

  • Poppy Rahmatika Primandiri Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.666

Keywords:

Pembelajaran, Hasil Riset Bahan Ajar

Abstract

Penelitian merupakan sarana penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Hasil penelitian dapat membantu dosen dalam menyampaikan materi dengan contoh nyata dapat membantu peserta didik memahami ide, konsep, dan teori penelitian. Hasil penelitian dapat dikembangkan menjadi bahan ajar, baik cetak maupun non cetak. Hasil yang didapatkan, terjadi peningkatan pemahaman konsep pada mahasiswa, meskipun miskonsepsi masih ditemukan dengan rata-rata 19,09%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. 2003. Characretization and Application of Molecular Markers in the Peking Duck and Other Waterfowl Species. Doctoral Dissertation. Halle: Faculty of Agriculture, Marthin Luther University.

Amin, M. 2015. Biologi sebagai Sumber Belajar untuk Generasi Mendatang yang Berintegritas dan Berperadaban Tinggi. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Kemristekdikti.

Amin, M. 2016. Pesatnya Perkembangan Biologi dan Tantangan Pembelajarannya Pada Abad 21. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Sain Teknologi dan Pembelajarannya dengan tema Isu-isu Kontemporer Sains, Lingkungan dan Inovasi Pembelajarannya di Universitas Muhammadiyah Surakarta. 21 Mei 2016.

Fatchiyah, Arumingtyas, E.L., Widyarti, S., Rahayu, S. 2014. Prinsip Analisis Biologi Molekuler. Malang: UB Press.

Galbreath, J. 1999. Preparing the 21st Century Worker: The Link Between Computer Based Technology and Future Skill Set. Educational Technology (NovemberDecember 1999).

Handayani, S. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pengujian di Laboratorium sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi. Makalah disajikan dalam Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 12–15 November.

Harimurti, N., Sumangat, D. 2011. Pengolahan Biji Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) menjadi Sumber Bahan Bakar Nabati dan Pemanfaatan Produk Samping. Buletin Teknologi Pascapenen Pertanian, (Online), 7 (1): 48-55, (www.ejurnal.litbang.pertanian.go.id), diakses tanggal 21 April 2017.

Parmin & Peniati, E. 2012. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1): 8-15, (http://journal.unnes.ac.id), diakses tanggal 1 Juni 2017.

Primandiri, P.R., Amin, M., Maftuchah. 2012. Analisis Molekuler Gen CpTI (Cowpea Trypsin Inhibitor) Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) Toleran Cekaman Kekeringan. Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran, Malang, 13 Oktober.

Primandiri, P.R. & Santoso, A.M. 2015. Evaluasi Perkuliahan Genetika untuk Calon Guru Biologi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Prosiding Seminar Nasional XII Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya, Pendidikan Biologi FKIP UNS, 8 Agustus.

Primandiri, P.R., Amin, M., Zubaidah, S., Maftuchah, Santoso, A.M. 2016a. Profil Gen Penyandi Protein Trypsin Inhibitor Tanaman Fabaceae Pada Data Base. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016 FMIPA UNESA, 20 Pebruari, 121-124.

Primandiri, P.R., Amin, M., Zubaidah, S., Maftuchah, Santoso, A.M. 2016b. Pattern of Nucleotides Subtitution of CpTI Gen in Some Plants as Teaching Material of Molecular Genetics for Biology Education Students. Proceeding International Biology Conference ITS Surabaya, 15 October.

Primandiri, P.R. 2017. Analisis Variasi Gen Trypsin Inhibitor Jatropha curcas L. Sebagai Materi Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Genetika. Disertasi tidak diterbitkan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Primandiri, P.R., Zunaidah, F.N. 2017. Kelayakan Bahan Ajar Genetika Berpendekatan Molekuler Berbasis Penelitian. Prosiding Seminar Nasional Biologi, IPA dan Pembelajarannya UNMUH Jember, 15 Juli.

Primiani, C.N., Susianingsih, M.D. 2010. Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Biologi Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Media Herbarium dan Insektarium. Paedagogia, (Online), 13 (1): 71-77, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses tanggal 1 Juni 2017.

Primiani, C.N. 2014. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Bahan Alam Lokal sebagai Estrogenik pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014. ISBN 978-602-096000-5.

Rao, Y.V.H., Voleti, R.S., Hariharan, V.S., Raju, A.V.S. & Redd, P. N. 2009. Use of Jatropha Oil Methyl Ester and Its Blends as an Alternative Fuel in Diesel Engine. J. of the Braz. Soc. of Mech. Sci. & Eng., (Online), 16 (3): 253-260, (http://www.scielo.br), diakses tanggal 21 April 2017.

Sanchez-H. C., Martinez-G. N., Guerrero-R. A., Valdes-R. S. & Delano-F. J. 2004. Trypsin and Alpha-Amylase Inhibitors are Differentially Induced in Leaves of Amaranth (Amaranthus hypochondriacus) in Response to Biotic and Abiotic Stress. Physiol Plantarum, (Online), 122: 254-264, (https://www.researchgate.net), diakses tanggal 10 Pebruari 2010.

Santoso A.M., Primandiri P.R. 2017. Respon Mahasiswa terhadap Pelaksanaan PPL I Berbasis Lesson Study. Jurnal Bioma, 2 (1): 12-18.

Singh, R.K. & Padhi, S.K. 2009. Characterization of Jatropha Oil for The Preparation of Biodiesel. Natural Product Radiance, (Online), 8 (2): 127-132, (http://nopr.niscair.res.in), diakses tanggal 21 April 2017.

Srinivasan, T., Kumar, K. R. R. & Kirti, P. B. 2009. Constitutive Expression of a Trypsin Protease Inhibitor Confers Multiple Stress Tolerance in Transgenic Tobacco. Plant Cell hysiol, (Online), 50 (3): 541-553, (https://www.ncbi.nlm.nih.gov), diakses tanggal 15 Maret 2012.

Suhartanta & Arifin, Z. 2008. Pemanfaatan Minyak Jarak Pagar sebagai Bahan Bakar Alternatif Mesin Diesel. Jurnal Penelitian Saintek, (Online), 13 (1): 19-46, (https://journal.uny.ac.id), diakses tanggal 21 April 2017.

Widayati, D.T., Lukananto, D., Rahayuningsih, E., Sutapa, G., Harsono, Sancayaningsih, R.P. & Sajarwa. 2010. Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset (PUPBR). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Zubaidah S. 2014. The Empowerment of Discovery Skills in Scientific Approach through Remap Coople based Learning. Prosiding Seminar Nasional Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya XI. 11 (3): 1001-1011.

Zubaidah S. 2016. Keterampilan Abad 21: Keteramppilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat. 1(1): 1-17.

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

Primandiri, P. R. . (2018). Penguatan Mutu Pendidikan melalui Integrasi Hasil Riset dalam Pembelajaran: Studi Kasus Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Riset Mutasi Gen CpTI pada Jatropha curcas L. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 22 –. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.666