Respon Mahasiswa Biologi Setelah Penerapan Strategi Pembelajaran RQA, ADI, RQA dipadu ADI, dan Konvensional

Authors

  • Astuti Muh. Amin Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Aloysius Duran Corebima Universitas Negeri Malang
  • Siti Zubaidah Universitas Negeri Malang
  • Susriyati Mahana Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.620

Keywords:

Respon Mahasiswa, RQA, ADI, RQA dipadu ADI, Konvensional

Abstract

Kualitas pembelajaran akan tercapai secara optimal jika pengajar memiliki strategi penyampaian pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif serta kompeten di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana respon mahasiswa biologi setelah penerapan strategi pembelajaran RQA, ADI, RQA dipadu ADI, dan konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari 92 mahasiswa melalui lembar angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menunjukkan respon positif terhadap penerapan strategi pembelajaran RQA (74.74%), ADI (67.47%), RQA dipadu ADI (81.65%). Hal ini mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran tersebut sangat berguna untuk membantu peningkatan ketercapaian tujuan dan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Farisi BL, & Sa’rani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Sains Tahun 2016 “Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi”, Universitas Negeri Surabaya, 23 Januari 2016, 7-12.

Amin AM & Corebima AD. 2016. Analisis Persepsi Dosen terhadap Strategi Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) dan Argument-Driven Inquiry (ADI) pada Program Studi Pendidikan Biologi di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK), Universitas Muhammadiyah Malang, 26 Maret 2016.

Amin AM. 2017. Persepsi Mahasiswa terhadap Strategi Reading, Questioning and Answering (RQA) dan Argument-Driven Inquiry (ADI). Jurnal Pendidikan Biologi (JPB), 8 (1), 1-9.

Amin AM & Adiansyah R. 2018. Identifikasi Gaya Belajar dan Respon Mahasiswa untuk Menentukan Strategi Pembelajaran pada perkuliahan Fisiologi Hewan. Jurnal Biologi & Pembelajarannya, 5 (1), 1-9.

Andriani Y & Riandi. 2015. Perbandingan Aktivitas Siswa dan Guru dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry dan inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VII. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015, Bandung, 8-9 Juni 2015, 589-592.

Bahri A, Corebima AD, Susilo H. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perkuliahan Fisiologi Hewan terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Bahtiar 2011. Potensi Pembelajaran Yang Memadukan Strategi Think Pairs Share (TPS) dan Reading Questioning Answering (RQA) untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Multietnis di Ternate. Makalah yang Disampaikan Pada Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Corebima AD. 2009. Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar Dalam Bidang Genetika. Malang. FMIPA Universitas Negeri Malang.

Ermasari G, Wayan SI, & Bagus, NSI. 2014. Kemampuan Bertanya Guru IPA dalam Pengelolaan Pembelajaran. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA., 4, 1-12.

Fitriyaningsih, Roshayanti, F, Citraning R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran ADI (Argument Driven-Inquiry) terhadap Berpiir Kritis Siswa SMA Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Enterpreneurship IV, 124-133.

Hasanuddin & Mulyadi. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Strategi RQA. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Sebelas Maret Solo, 17 April 2012, 70-76.

Hasnunidah N, Susilo H, Irawati MH, Sutomo H. 2015. Argument-Driven Inquiry with Scaffolding as the Development Strategies of Argumentation and Critical Thinking Skills of Students in Lampung, Indonesia. American Journal of Educational Research, 3 (9), 1185-1192.

Latifah D, & Milyartini R. 2010. Model Pendidikan Life Skill Belajar mandiri untuk Meningkatkan Penguasaan Teknik Vokal Mahasiswa Peserta mata Kuliah Vokal 3 di Prodi Musik UPI. Invotec, 6 (17), 500-508.

Mulyadi, Adlim, Djufri. 2014. Memberdayakan Kemampuan Berpikir Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering. Jurnal Biotik, 2 (1), 33-37.

Rahmatan H. 2013. Tanggapan Mahasiswa dan Dosen terhadap Model perkuliahan Biokimia Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal EduBio Tropika, 1 (2), 66-71.

Ozuru Y, Dempsey K, & Namara D. 2009. Prior Knowledge, Reading Skill, and Text Cohesion in the Comprehension of Science Texts. Journal Learning and Instruction, 19 (3), 228-242.

Mayasari N. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran dengan Metode Debat Plus dalam Proses Pembelajaran Matematika pada Mahasiswa Tingkat 2 Semester III di IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Jurnal Magistra, 88, 17-26.

Sampson VE, Grooms J & Walker JP. 2011. Argument-Driven Inquiry as a Way to Help Students Learn How to Participate in Scientific Argumentation and Craft Written Arguments, an Exploratory Study. Science Education Journal, 95, 217-257.

Sampson VE, Grooms J, Enderle P & Southerland S. 2012. Using Laboratory Activities that Emphasize Argumentation and Argument to Help High School Students Learn How to Engage in Scientific Inquiry and Understand the Nature of Scientific Inquiry. Paper presented at the 2012 Annual Conference of the National Association of Research in Science Teaching (NARST), Florida State University.

Sampson V & Gleim L. 2009. Argument-Driven Inquiry to Promote the Understanding of Important Concepts & Practices in Biology, The American Biology Teacher, 71 (8), 465- 472.

Sumampouw H. 2012. Strategi RQA dalam Perkuliahan Genetika Berbasis Metakognitif dan Retensi. Makalah yang Disampaikan pada Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya FMIPA Universitas Negeri Malang. 15 Oktober 2012.

Walker JP. 2011. Argumentation In Undergraduate Chemistry Laboratories. Dissertation. The Florida State University.

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

Amin, A. M. ., Corebima, A. D. ., Zubaidah, S. ., & Mahana, . S. . (2018). Respon Mahasiswa Biologi Setelah Penerapan Strategi Pembelajaran RQA, ADI, RQA dipadu ADI, dan Konvensional. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 6(1), 391–399. https://doi.org/10.29407/hayati.v6i1.620