PENGARUH AFFILIATE MARKETING, CELEBRITY ENDORSER, SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP IMPULSE BUYING DI APLIKASI TIKTOK

Authors

  • Putri Gresia Natalia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hery Purnomo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/28h6yc03

Keywords:

Afiliasi, Selebriti, Pembelian, Impulsif, TikTok

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak affiliate marketing, celebrity endorser, dan social media marketing terhadap impulse buying pengguna TikTok, khususnya mahasiswa Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri. Metode kuantitatif asosiatif digunakan dengan teknik purposive sampling pada 40 responden. Data dianalisis melalui uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa affiliate marketing dan social media marketing berpengaruh signifikan, sedangkan celebrity endorser tidak. Namun, uji simultan membuktikan ketiganya berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Kebaruan penelitian ini terletak pada analisis gabungan ketiga strategi pemasaran digital di TikTok, yang masing jarang diteliti sebelumnya, khususnya pada mahasiswa.

References

[1] Rachman A, Yochanan E, Samanlangi AI, Purnomo H. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 1st ed. Kerawang: CV Saba Jaya Publisher; 2024.

[2] Subagyo, Purnomo H. Manajemen UMKM. Bandung: Media Sains Indonesia; 2022.

[3] Hevinias AS, Puspasari ID, Paramitha DA. Pengaruh Cashback , Flash Sale Dan Shopee Paylater Terhadap Impulse Buying Pengguna E-Commerce Shopee. Pros Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt 2024;9:601–11.

[4] Dewa CB, Safitri LA. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - J Pariwisata Dan Budaya 2021;12:65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132.

[5] Yenny Yusra. Laporan Populix: 86% Masyarakat Belanja Melalui Platform Media Sosial. 29 Sept 2022 2022.

[6] Hasanah F, Sudarwanto T. Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Aplikasi Tiktok terhadap Impulse Buying Produk Fashion pada Generasi Z di Kota Surabaya. J Ilm Wahana Pendidik 2023;9:348–60. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10077108.

[7] Rahman F. Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Istidlal J Ekon Dan Huk Islam 2022;6:24–37. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407.

[8] Ramlawati R, Lusyana E. Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah Pada Mahasiswi HPMM Cabang Maiwa Di Makassar. J Manaj Organ Rev 2020;2:65–75. https://doi.org/10.47354/mjo.v2i1.181.

[9] Purnomo H, Samari S, Soejoko DKH, Syahroq KF. Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian Busana Merek 3second. Jemb J Ilm Manaj 2021;18:137–50. https://doi.org/https://doi.org/10.29259/jmbt.v18i1.14311.

[10] Dewi NMP, Imbayani GA, Ribek PK. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. J Emas 2021;2:1–15.

[11] Zuliani, Subagyo, Purnomo Hery. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana E-Marketingbaru Oleh Pt Masbro7. Simp Manaj Dan Bisnis II Progr Stud Manaj - FEBB UNP KEDIRI 2023;2:94.

[12] Mustikasari LD, Hakimah EN. Analisis Dampak Strategi Stamp Card, Social Media Marketing, Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pelanggan. Simp Manaj Dan Bisnis III Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2024;3:803–13.

[13] Hadha N, Fauzi RUA, Setiawan H. Pengaruh Online Customer Review Dan Affiliate Marketing Produk Terhadap Impulse Buying Konsumen (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kota Madiun). SIMBA 2024;6.

[14] Kurniasih L, Maulana A. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Impulse Buying Pada Tokopedia Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pengguna Tokopedia Di Karawang). JISIP (Jurnal Ilmu Sos Dan Pendidikan) 2021;5:1401–11. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2568.

[15] Qathrinnada A, Pandjaitan DRH. Pengaruh Social Media Marketing , dan Trend Fear Of Missing Out ( FOMO ) Terhadap Impulsive Buying ( Studi Pada Konsumen Avoskin Di Bandar Lampung ). J Maira Manag 2024;9:870–86.

[16] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 4th ed. Ban: Alfabeta; 2022.

[17] Bisma RP, Hadi ED. Pengaruh Viral Marketing dan Internet Celebrity Endorsement terhadap Impulse Buying Melalui Online Trust. Reslaj Relig Educ Soc Laa Roiba J 2023;6:1512–26. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i3.5574.

[18] Amanda SY, Alimbel F, Surur M. Pengaruh Social Media, Shopping Lifestyle, Dan Customer Experience Terhadap Perilaku Impulse Buying Gen Z Melalui E-Commerce. J Rumpun Manaj Dan Ekon 2024;1:171–80.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Natalia, P. G., & Purnomo, H. (2025). PENGARUH AFFILIATE MARKETING, CELEBRITY ENDORSER, SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP IMPULSE BUYING DI APLIKASI TIKTOK. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 670-677. https://doi.org/10.29407/28h6yc03

Similar Articles

1-10 of 195

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>