WOM MARKETING SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN PADA HOME INDUSTRI KUE KERING DAPUR CELIN SIDOARJO
Keywords:
WOM Marketing, Strategi Pemasaran, Home IndustriAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penerapan WOM Marketing sebagai dasar strategi pemasaran pada home industri kue kering Dapur Celin Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendeskripsikan penerapan WOM Marketing sebagai dasar strategi pemasaran dan pengimplementasian WOM Marketing untuk proses menjaga eksistensi usaha kue kering Dapur Celin dilakukan dengan teknik observasi wawancara secara langsung terhadap narasumber yaitu pemilik usaha Dapur Celin. Penerapan strategi dari mulut ke mulut ini dilakukan pada pelanggan atau konsumen dari produk kue kering Dapur Celin. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif analitik, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa WOM Marketing yang dijadikan sebagai dasar strategi pemasaran pada home industri kue kering Dapur Celin cukup berpengaruh dengan banyaknya permintaan produk kue kering milik Dapur Celin dari masyarakat Sidoarjo hingga luar Sidoarjo.