PERANAN BAURAN PROMOSI DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA KERAJINAN TENUN IKAT (ATBM) CAP MEDALI MAS KEDIRI

Main Article Content

Cahyaning Dina Arum
Ema Nurzainul Hakimah

Abstract

Promosi yang dilakukan kerajinan tenun ikat (ATBM) Cap Medali Mas Kediri selama ini belum maksimal yang ditandai dengan target penjualan yang ditetapkan perusahaan belum tercapai dan cakupan pelanggan yang masih  sempit yaitu masih disekitar Kediri belum mencakup wilayah regional Jawa Timur bahkan Nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan promosi dalam meningkatkan penjualan produk kerajinan tenun ikat (ATBM) Cap Medali Mas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan kepada 12 responden meliputi 1 pemilik, 3 agen penjualan, 5 pelanggan dan 3 karyawan perusahaan. Pengumpulan data didukung pula dengan dokumentasi berupa foto-foto dengan narasumber dan data internal perusahaan yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini, diuraikan proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis transkip-transkip wawancara, catatan lapangan dan bahan- bahan lain agar dapat menyajikan temuannya. Analisis ini melibatkan pengerjaan, pengorganisasian, pemecahaan dan sintesis data serta pencarian pola, pengungkapan pola, dan penetuan apa yang dilaporkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerajinan tenun ikat Cap Medali Mas masih memerlukan perbaikan pelaksanaa promosi yang mendasar pada 3 model bauran promosi yaitu: iklan,penjualan perseorangan dan promosi penjualan.

Article Details

How to Cite
Arum, C. D. ., & Hakimah, E. N. . (2016). PERANAN BAURAN PROMOSI DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA KERAJINAN TENUN IKAT (ATBM) CAP MEDALI MAS KEDIRI. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/58
Section
Articles

References

Bungin, B. (2013). Metodologi penelitian sosial dan ekonomi: format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran (1st ed.). Jakarta, ID: Kencana Prenada Media Group.

Emzir. 2010. Metodologi penelitian kualitatif analisis data. Jakarta, ID: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Principles of marketing: global edition (14th ed.). New Jersey, US: Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing management (14th ed.). New Jersey, US: Pearson Education, Inc.

Lamb. (2009). Essentials of marketing (6th ed). Mason, US: South-Western Cengage Learning.

Livia, Marceline. H. 2015. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Universitas Ciputra, 1 (1): 87-96.

Mohamad, F. R. (2014). Strategi promosi stick jagung sebagai oleh-oleh khas daerah dalam menunjang kepariwisataan gorontalo. Jurnal Thesis, Universitas Negeri Gorontalo, 1-36.

Prasanth, M. V., & Jeevanandham, P. (2014). Effect of promotional mix on consumer socio-economic values for select non-durable goods. International Multidisciplinary Research Journal, 4(4), 1-6.

Rangkuti. 2013. Analisis SWOT: teknik membedah kasus bisnis (17th ed.). Jakarta, ID: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sangadji, E. M., & Sopiah. 2013. Perilaku konsumen: pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. (17th ed.). Yogyakarta, ID: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung, ID: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami penelitian kualitatif. Bandung, ID: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung, ID: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunyoto, D. 2013. Metode dan instrumen penelitian (untuk ekonomi dan bisnis). Yogyakarta, ID: CAPS.

Sunyoto, D. 2014. Dasar-dasar manajemen pemasaran: konsep, strategi, dan kasus. Yogyakarta, ID: CAPS.