Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari fenomena pelaku UMKM Desa Plemahan yang masih awam terkait dengan teknologi yang sedang berkembang sehingga pelaku usaha kurang berinovasi dalam meningkatkan omset penjualan. Tujuan dari penelitian ini menganalisis pelaku UMKM Desa Plemahan terutama bidang kuliner dalam meningkatkan omset penjualan yang dilihat dari produksi untuk mengetahui sejauh mana pelaku UMKM dalam mengenal teknologi sebagai media pemasaran/promosi produk mereka.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi memahami suatu peristiwa dari objek yang akan diteliti untuk mengetahui kejadian secara murni. Hasil penelitian ini, pelaku UMKM di Desa Plemahan dalam meningkatkan omset penjualan dengan cara memperhatikan faktor yang mempengaruhi naiknya omset penjualan seperti, kualitas produk, harga jual yang di dalamnya terdapat rata-rata penjualan setiap customer, menghitung omset penjualan yang di jalankan di hitung sesuai kriteria, lokasi penjualan, kepuasan dan layanan yang di berikan pelaku UMKM. Selain itu masih kurang pengetahuan dan keterampilan dalam promosi digital sehingga mayoritas pelaku UMKM hanya familiar menggunakan platfrom WhatsApp dan facebook untuk promosi.
References
R. Frederich, S. F. Purba, U. Trisakti, and B. Riset, “Peranan pendidikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di indonesia 1,2,” pp. 123–136, 2023.
M. Hasan, “Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi,” JEKPEND J. Ekon. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, p. 81, 2018, doi: 10.26858/jekpend.v1i1.5063.
A. Syuhada, “Dan Keberlanjutan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Umkm ),” Skripsi, vol. 2, no. 2016, pp. 95–99, 2022.
Z. Sufiani, “Definisi,Kriteria dan Konsep UMKM,” Osfpreprints, no. 90500120021, pp. 1–13, 2022.
E. E. Tri Handayani, “UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DALAM PENINGKATAN OMSET PADA UMKM ‘CITRA RASA CAKE & SNACK’ DESA KALIGELANG KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG,” vol. 3, no. 1, pp. 19–21, 2023.
M. S. Nurasyiah and U. M. D. Fadli, “Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Umkm Warung Jepang Mami Ale Telagasari,” Prim. J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 3, pp. 322–330, 2023, doi: 10.55681/primer.v1i3.151.
R. Yulita, “Strategi Pemasaran Berbasis Digital Untuk Peningkatan Pendapatan Pelaku Umkm Di Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai,” J. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Jotika, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2021, doi: 10.56445/jppmj.v1i1.1.
B. B. Hapsoro, Palupiningdyah, and A. Slamet, “Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 23, no. 2, pp. 117–120, 2019.
S. Hasibuan, I. Rodliyah, S. Z. Thalhah, P. W. Ratnaningsih, and A. A. M. S. E, Media penelitian kualitatif, vol. 5, no. January. 2022. [Online]. Available: http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
R. A. Chandra and I. Irwansyah, “Pengembangan Kualitas Produk Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Produk Home Industry Madu Lebah Kelulut ‘Nano Alami,’” J. Bisnis dan Pembang., vol. 12, no. 3, p. 54, 2023, doi: 10.20527/jbp.v12i3.17985.
N. I. Nugraheni, “Word of Mouth ( WoM ) dalam Komunikasi Pemasaran Industri Rumah Tangga ( IRT ) Jamu di Pamekasan Madura,” vol. 4, no. 2, pp. 746–755, 2024.
I. M. B. L. P. Wartika, A. A. P. Putra, Mahendra, I. P. A. Wirawan, L. P. Mahyuni, and I. N. Wirsa, “Pemberdayaan UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi di Era Pandemi Empowering MSMEs through the Introduction of Digital Marketing, Especially Social Media As A Means of Promotion in the Pandemic Era,” Panrita Abdi J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 285–292, 2023, [Online]. Available: http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi