Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkap kesadaran metakognisi siswa dalam mata pelajaran IPA, subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP PGRI Bendo Pare. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survey partisipatif. Penelitian dilakukan dengan menyebar angket Metacognition Awareness Inventory yang telah dimodifikasi Scrow & Danison dengan 52 butir pertanyaan yang dibagi dalam 2 komponen dan 8 indikator. Dua komponen tersebut yaitu Knowledge about cognition dan Regulation of Cognition. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran metakognisi siswa pada tahap 1 dan 2 untuk komponen Knowledge about Cognition pada Declarative Knowledge terbilang cukup rendah dengan skor 4,5 sedangkan yang tertinggi dengan skor 10,75 terdapat pada Procedural Knowledge. Kemudian untuk komponen Regulation of Cognition pada Information Management Strategies terbilang cukup rendah dengan skor 3,7 sedangkan yang tertinggi dengan skor 9,2 terdapat di indicator Comprehension Monitoring. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa desain pembelajaran IPA sebaiknya dapat meningkatkan kesadaran metakognisi. Terutama yang mampu meningkatkan indicator Declarative Knowledge dan Information Management Strategies.
References
Abdi, M. & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama, JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), p. 99. doi:10.24014/juring.v1i2.4778
Fauziah, H. A. et al. (2019) ‘Profil Kesadaran Metakognisi Siswa di salah satu SMA Swasta di Sragen’, BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 3(1). doi:10.23969/biosfer.v3i2.975.
Baroya, E.P.I.H. (2018) ‘Strategi Pembelajaran Abad 21 - Lpmp Jogja’, Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. DI Yogyakarta, I(01), pp. 101–115.
Berge, T. & Hezewijk, R. (1999). Procedural and declarative knowledge: An evolutionary perspective. Theory & Psychology, 606-624. 10.1177/0959354399095002
Damayanti, B.P. et al. (2021) ‘Pentingnya Pengembangan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas XI MIPA pada Pembelajaran Biologi di SMAN 7 Kediri’, Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 1(1), pp. 156–168.
Fitria, L., Jamaluddin, J. and Artayasa, I.P. (2020) ‘Analisis Hubungan antara Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Matematika dan IPA Siswa SMA di Kota Mataram’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), p. 147. doi:10.33394/jk.v6i1.2302.
Ismarani, G. et al. (2023) ‘Hubungan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar IPA Biologi’, Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue), pp. 174–178. Available at: https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4081.
Marhaendra, G.Y., Keliat, N.R. and ... (2023) ‘Profil Kesadaran Metakognitif Siswa SMA’, … : Jurnal Pendidikan dan …, pp. 288–295. Available at: https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/8969%0Ahttps://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/8969/2545
Puspita, L., Yetri, Y., & Novianti, R. (2017). Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan metakognisi dan afektif pada konsep sistem sirkulasi kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 78-90
Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). Improving student collaboration and critical thinking skills through ASICC model learning. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012174
Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Numbered Heads Together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 440-447
Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assessing metacognitive awareness. In Contemporary Educational Psychology(Vol. 19, Issue 4, pp. 460–475).
Sukaisih, R. and Muhali, M. (2014) ‘Meningkatkan Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Problem Solving’, Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(1), p. 71. doi:10.33394/j-ps.v2i1.803.
Sukiyanto, S. (2020) ‘Munculnya Kesadaran Metakognisi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), p. 126. doi:10.24127/ajpm.v9i1.2654.
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (QSinastekmapan) (Vol. 1).
Wardana, R.W., Prihatini, A. and Hidayat, M. (2020) ‘Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika’, PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), pp. 1–9. doi:10.33369/pendipa.5.1.1-9.