Abstract
Pembelajaran IPA yang bermakna diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA peserta didik kelas IX di MTs Muhammadiyah 1 Pare dengan menerapkan model pembelajaran Think, Pair, and Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis and MC.Taggart dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX yang berjumlah 5 anak. Data motivasi belajar IPA peserta didik kelas IX dihimpun dari angket motivasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model analisis deskriptif kuantitatif. Angket motivasi belajar disebar 3 kali, yaitu pra siklus, diakhir siklus pertama dan diakhri siklus kedua. Berdasarkan hasil analisis data angket motivasi pra siklus rata rata motivasi belajar peserta didik kelas IX di MTs Muhammadiyah 1 Pare adalah 58,33% yang berarti berada pada kategori rendah. Rata rata motivasi belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Think, Pair, and Share pasca siklus I sebesar 59,875 % yang berarti berada pada kategori rendah. Pada siklus II rata rata motivasi belajar IPA peserta didik kelas IX di MTs Muhammadiyah 1 Pare meningkat menjadi 61,33% yang berarti pada kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya model pembelajaran think, pair, and share berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA peserta didik di kelas IX Muhammadiyah 1 Pare.
References
Astuti, A., Wildan, W., & Bahtiar, B. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMP. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 10(2), 181-198.
Gempita, L. E., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. 2023. Penerapan Model TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1816-1828.
Hartini, T. S., & Warmi, A. 2020. Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Hidayah, N., & Anisa, W. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Alat Peraga Bahan Bekas. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 165.
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. 2021. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025-6033.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Mahardika, H. C., Ismawati, R., & Rahayu, R. 2022. Penerapan LKPD berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPA peserta didik SMP. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 10(1), 61-70.
Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik dan Praktik Urgensi Pendidikan Progresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orang Tua. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. 2015. Evaluasi Perkuliahan Genetika untuk Calon Guru Biologi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning, 12 (1): 580- 584.
Rahmatia, R., & Ihwana, L. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wangi-Wangi Selatan. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 22-28.
Santoso, A. M., Amin, M., Sumitro, S. B., & Lukiati, B. 2017. Learning motivation of students during the implementation of lecturing based in silico approach. International Journal of Research & Review, 4(9), 6-9.
Sumarsya, C. V., & Ahmad, S. 2020. Think Pair Share sebagai Model untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1374-1388.
Wahyi, H., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Azmi, S. 2023. Pengaruh pendekatan problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 315-325.