Analisis Kebutuhan Belajar Siswa Berbasis Lokal Material pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Rejotangan
PDF

Keywords

analisis kebutuhan
pembelajaran
lokal material
lingkungan

How to Cite

Hasanah, A. N. ., Setiawan, L. ., Primandiri, P. R. ., & Rahmawati, I. . (2022). Analisis Kebutuhan Belajar Siswa Berbasis Lokal Material pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Rejotangan. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 238 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3024

Abstract

Kurangnya antusias siswa saat mengikuti pelajaran di kelas menjadi salah satu permasalahan yang ditemui pada penelitian ini, hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan dengan cara klasik karena hal tersebut hasil belajar siswa juga akan terpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan pembelajaran dan menganalisis kebutuhan belajar siswa berbasis lokal material pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Rejotangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi langsung kegiatan pembelajaran dan wawancara dengan pihak guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa membutuhkan suasana pembelajaran baru di luar kelas dan tidak terpacu pada menulis materi ataupun merangkum, maka media pembelajaran berbasis lokal material dengan memanfaatkan lingkungan sekitar adalah solusi dari permasalahan ini. Mengingat bahwa salah satu karakteristik pembelajaran IPA adalah belajar dari pengalaman langsung dan menurut penelitian terdahulu pemanfaatan lingkungan sekitar memiliki beberapa keunggulan.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3024
PDF

References

Cahyati. 2015. Analisis Kebutuhan dalam Pembelajaran. (Online). (Analisis Kebutuhan Dalam Pembelajaran – Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran (unnes.ac.id) ), Diakses 5 November 2022

Chrislando, A. 2019. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU. 15(1): 1-7. http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v15i1.303

Erviana, L. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan sebagai Sarana Praktikum IPA. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 7(2):71-77.

Pantiwati, Y. 2015. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. Jurnal BIOEDUKATIKA. 28:27-32.

Prasetyawati, R. 2014. Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013. Makalah PPM Terpublikasi. Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam : Universitas Negeri Yogyakarta.

Primasari, YA., Anggraini, R., Wibowo, BC., Primandiri, PR., Santoso, AM. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Local Materials Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 1 Mojo Kediri pada Materi Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. Solo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

Santoso, A. M. (2010). Konsep diri melalui pendidikan berbasis keunggulan lokal sebagai model pendidikan berkarakter dan berbudaya bangsa di era global. In Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education (pp. 477-486).

Yuliani, Y., Wahyuningtyas, E., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Implementation of Problem Based Learning (PBL) Based Local Materials (LM) Through Lesson Study (LS) to Enhance Metacognition Skill, Inquiry Skill and Cognitive Learning Outcomes on Plantae Topic in Grade X5 SMAN 1 Mojo Kediri. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 353-358).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Afifah Nurul Hasanah, Ledi Setiawan, Poppy Rahmatika Primandiri, Ida Rahmawati

Downloads

Download data is not yet available.