Peran Agama Dalam Menangkal Cyber Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru
Keywords:
Pendidikan Agama, Cyber Bullying, Siswa SMPAbstract
Dewasa ini peran agama bila dikaitkan dengan pola hidup dan pola pikir generasi muda (Generasi Z) dikhawatirkan mulai kehilangan fungsi karena keterbatasan waktu anak dalam mempelajari Agama dibandingkan dengan bermain gadget dengan segala aspek negatifnya yang salah satunya adalah bullying. Cyber bullying hampir banyak kita temukan di dalam media sosial dan membentuk watak anak menjadi watak bullying. Disini peran Agama menjadi sangat sentral dalam memberikan pemahaman kepada generasi ini dalam menyikapi maraknya aksi bullying. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara pengambilan data purposive sampling dan dilakukan secara daring (online) dengan informan anak usia Sekolah Menengah Pertama berjumlah 50 anak yang berasal dari dua sekolah swasta di pekanbaru beserta orang tuanya. Urgensi penelitian ini untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Agama untuk generasi Z dalam menangkal aksi bullying terutama menyikapinya dengan bijaksana.
References
Sari, Agistia ; Muslihah, E. (2020). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI KASUS BULLYING(Studi di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 4 Kota Serang Provinsi Banten). Jurnal Qathruna, 7(1), 82–102. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Sari, M., . E., & Willis, R. (2018). Studi Produksi Industri Kerupuk Kulit di Jorong Kapalo Koto Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar. JURNAL BUANA, 2(1), 167. https://doi.org/10.24036/student.v2i1.61
Wijoyo, H. (2020). Analisis Minat Belajar Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau Dimasa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). JURNAL PENDIDIKAN : RISET DAN KONSEPTUAL, 4(3), 396–404. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.2
Wijoyo, H., & Surya, J. (2020). ANALISIS PENERAPAN MEDITASI SAMATHA BHAVANA DI MASA COVID-19 TERHADAP KESEHATAN MENTAL UMAT BUDDHA VIHARA DHARMA LOKA PEKANBARU. In SEJ (School Education Journal (Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18565
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HADION WIJOYO, Widiyanti, Haudi, Agus Leo Handoko, Ruby Santamoko, Hendrian Yonata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.