Analisa Pengaruh Kemampuan Kognitif Mahasiswa Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Assignment Problem

Authors

  • Niska Shofia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Siti Rochana Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

kemampuan kognitif, representai matematis, assignment problem

Abstract

Matematika merupakan disiplin ilmu yang memiliki sifat khas yang sarat dengan konsep, mulai dari konsep sederhana sampai konsep yang kompleks dan abstrak. Matematika memerlukan pemahaman konsep, apabila suatu konsep tidak dipahami, maka konsep berikutnya yang didasarkan pada konsep sebelumnya tidak akan dipahami. Karena konsep-konsep dalam matematika bersifat hierarki, maka mempelajari matematika harus bertahap dan berurutan serta mendasarkan pada pengalaman belajar yang lalu. Kemampuan representasi matematis diperlukan siswa untuk menemukan dan membuat suatu alat atau cara berpikir dalam mengomunikasikan gagasan matematis dari yang sifatnya abstrak menuju konkret, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Tingkat reprensentasi matematika mahasiswa dipengaruhi oleh tingkat penalaran mahasiswa. Gaya kognitif mahasiswa juga berpengaruh terhadap representasi yang dihasilkan. Gaya kognitif yang dimiliki oleh setiap orang berpengaruh pada caranya dalam memproses dan menggunakan informasi untuk menanggapi suatu permasalahan dan meresponya dalam berbagai jenis situasi sehingga memiliki perbedaan dalam penggunaaan representasi matematis. Penelitian ini membahas tentang Analisa Pengaruh Kemampuan Kognitif  Mahasiswa Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Assignment Problem. Subjek penelitian adalah mahasiswa Teknik Informatika Universitas Nusantara PGRI Kediri. Metode penelitian yang digunakan termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mahasiswa dengan kemampuan kognitif rendah memiliki kemampuan representasi matematis yang  rendah dari indikator kemampuan visual terdapat langkah yang terlewati, symbolik salah dalam membuat bentuk persamaan,dan verbal salah dalam implementasi hasil akhir (2) mahasiswa dengan kemampuan kognitif sedang, memiliki kemampuan representasi matematis yang  sedang dari indikator kemampuan visual terdapat langkah yang terlewati, symbolik benar membuat bentuk persamaan,dan verbal salah dalam implementasi hasil akhir, (3) mahasiswa dengan kemampuan kognitif tinggi, memiliki kemampuan representasi matematis yang  tinggi dari indikator kemampuan visual langkah penyelesaian sudah sesuai, symbolik benar membuat bentuk persamaan,dan verbal salah dalam implementasi hasil akhir.

References

Aminudin. (2005). Prinsip-Prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga

Basir, M. A., & Maharani, H. R. (2016). Reasoning Ability Students in Mathematics Problems Solving Viewed from Cognitive Style. Prosiding In The 2nd International Seminar On Educational Technology May 2016 p. 99-102

Gagatsis, Anthanasios and Iliada Elia. (2004). The Effects Of Different Modes Of Representation On Mathematical Problem Solving. Proceeding of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Vol 22 pp 447-454.

Goldin, G.A., Kaput, J.J. (2015). A Joint Perspective on The Idea of Representation in Learning and Doing Mathematics. ResearchGate. Diakses oktober 2019 dari https://www.researchgate.net/publication/269407907

Hayatunnizar. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Model Problem Base Learning. Jurnal Didaktik Matematika. 4 (1), 119-128.

Irawati Sri, dan Sri Indriati Hasanah. (2016). Representasi Mahasiswa Berkemampan Matematika Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Program Linier. Jurnal Inovasi Volume 18, Nomor 1 Januari 2016.

Izati, Dwi dkk. (2017). Analisis Peningkatan Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 4 No. 2 September 2017.

Junita, Ranisa. (2016). Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Gaya Kognitif. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 11 – Nomor 2, Desember 2016, (193-206).

Kartini. (2009). Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 05 Desember 2009.

Krawec, Jenifer Lee. (2010). Problem Representation and Mathematical Problem Solving of Students of Variying Math Ability. Electrovnic Theses and Disertation. http://scholarlyrepository.miami.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1454&context=oa_dissertations

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

Sabirin, Muhamad. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari,Vol. 01 No. 2, 33-34.

Sanjaya, Indrayana Ika, dkk. (2018). Kemampuan Representasi Siswa Pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumford. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika Vol 2 No. 2, Oktober 2018.

Shofia, Niska. (2019). Analisis Representasi Matematis Mahasiswa Teknik Informatika Dalam Menyelesaikan Soal Riset Operasi, Jurnal Efektor, Volume 6 Issue 2, 136-141.

Shofia, Niska, Siti Rochana, Suryo Widodo. (2020). Anallysis of mathematic Representation Ability of Informatics Engineering Students in Assignment Problems. Mathematics Education Journals (MEJ) Universitas Muhamadiyah Malang. Vol.4 No. 2 Agust 2020.

Siang, Jong Jek. (2011). Riset Operasi Dalam Pendekatan Algoritmis. Yogyakarta: Andi

Sugiyono (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulandari, A. R. P., Hudiono, B., & Bistari. (2015). Kemampuan representasi matematis menyelesaikan soal open-ended menurut tingkat kemampuan dasar materi segiempat di smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 4, No 6, h.1–10.

Wu-Yin Hwang, et all. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving Using A Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society. 10 (2), 191-212

Downloads

Published

2020-10-31