Kesiapan lembaga pendidikan anak usia dini menyongsong era new normal
Keywords:
Kesiapan, lembaga paud, new normalAbstract
ABSTRAK
Tantangan berat bagi dunia pendidikan untuk menyesuaikan diri dalam melaksanakan pembelajaran di tengah pandemi covid-19. Segala upaya coba dilakukan untuk tetap melaksanakan pembelajaran yang aman, nyaman, dan efektif. Meskipun demikian tidak dapat dipungkiri pembelajaran jarak jauh ini dirasa sangat berat bagi semua pihak. Terlebih untuk jenjang PAUD, banyak orang tua yang bingung dengan model pembelajaran PAUD dan istilah aspek perkembangan yang asing bagi mereka. Sehingga para orang tua tidak bisa maksimal dalam memberikan stimulasi yang dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya. Sehingga ketika pemerintah mulai menerapkan new normal banyak orang tua yang mendesak pihak sekolah untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka tanpa mempertimbangkan apakah pihak sekolah benar-benar telah siap. Keadaan ini sangat membingungkan bagi lembaga PAUD, sehingga beberapa lembaga PAUD terpaksa melakukan pembelajaran tatap muka meskipun mereka tidak bisa menjamin 100% aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah PAUD benar-benar telah siap menghadapi new normal dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sedangkan penelitian ini sendiri menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh dari teknik wawancara dan dokumentasi berasal dari guru dan orang tua di lembaga peneliti. Analisis data menggunakan studi deskriptif kualitatid, dimana hasil penelitian menyatakan kesiapan sekolah terhalang pada ketidakmampuan orang tua mendampingi anak belajar optimal dan juga kurang menguasai teknologi informasi.serta kurangnya inovasi dari guru dalam pemberian tugas pada peserta didik
ABSTRACT
A tremendous challenge for education to adjust to executing learning in covid-19 pandemic. Despite all efforts to keep up with safe, comfortable, and effective learning, this long distance study is difficult for all sides, especially for PAUD. Many parents are confused by the models of paud learning and terms of development unfamiliar to them. So the parents cannot afford to use the stimulation needed for their children's growth and development. So that when the government starts implementing new normal many parents are urging the school to do learning by face-to-face without considering whether the school is truly ready. This condition is so confusing to the PAUD institution, that some PAUDs are forced to do face-to-face study even though they cannot guarantee 100% safety. The purpose of this research to find out if PAUD is truly prepared to face the new normal learning activities. The research methods is use qualitative methods with a descriptive approach. The data used is the primary data obtained from interviews and documentation techniques from teachers and parents in research institutions. The data analysis uses qualitative descriptive studies, The result of this research indicate that school readiness is impaired by the inability of parents in accompany children studying optimal and lack of technological mastery. And the lack of innovation from the theacher in assigning assignments
References
REFERENSI
Riksa Dana Buana. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) Dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM Jurnal Sosial Dan Budaya Syar I. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/340103659_Analisis_Perilaku_Masyarakat_Indonesia_Dalam_Menghadapi_Pandemi_Virus_Corona_Covid-19_Dan_Kiat_Menjaga_Kesejahteraan_Jiwa
Wijoyo Hadion , Irjus Indrawan. (2020). MODEL PEMBELAJARAN MENYONGSONG NEW ERA NORMAL PADA LEMBAGA PAUD DI RIAU. Jurnal Sekolah, 4, 205-212. Https://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Js/Article/View/18526
Prabowo Aan, Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jip
Azizah Nur. (2020). Leadership Headmaster In Improving The Quality Of Paud In The New Normal Period. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Pnfi
Pramana Cipta. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Early Childhood, 2. Http://Jurnal.Unw.Ac.Id:1254/Index.Php/IJEC
Agustin Mubiar, Ryan Dwi Puspita, Dinar Nurinten, Dkk. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD Dalam Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Dan Implikasinya. Jurnal Obsesi, 5, 334-345. Https://Obsesi.Or.Id/Index.Php/Obsesi/Article/Download/598/Pdf
Masganti Siti, Muhammad Shaleh Assingkily. (2020). Persepsi Guru Tentang Social Distancing Pada Pendidikan AUD Era New Normal. Jurnal Obsesi, 5, 1009-1023. Https://Obsesi.Or.Id/Index.Php/Obsesi/Article/View/756/Pdf
Rohayani Farida. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi COVID-19. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14, 29-50. Http://Journal.Uinmataram.Ac.Id/Indeks.Php/Qawwam
Wardani Anita, Yulia Ayriza. Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi
Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 5, 772-782. Https://Obsesi.Or.Id/Index.Php/Obsesi/Article/View/705
Prima Arifah Satrianingrum, Iis Prasetyo, Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di PAUD. Jurnal Obsesi, 5, 633-640. Https://Obsesi.Or.Id/Index.Php/Obsesi/Article/View/574
Dwi Briliannur C, Aisyah Amelia, Dkk. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru. Https://Ummaspul.E-Journal.Id/MGR/Article/Download/559/313/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nita Cahya Ristia Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.