Game Teras Matematika untuk Meningkatkan Hasil Latihan Siswa pada Materi Operasi Dasar Matematika

Authors

  • Ria Octa Vioni Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Serly Anggristia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Cintya Mentari Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

game, latihan soal, operasi dasar matematika

Abstract

ABSTRAK

 

Pada pembelajaran matematika siswa banyak merasa kesulitan dalam mengaplikasikan operasi dasar matematika dengan benar. Kesulitan tersebut menimbulkan rasa kejenuhan saat mengerjakan latihan soal operasi dasar matematika, sehingga menyebabkan penurunan nilai siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa game Teras Matematika dapat meningkatkan hasil latihan siswa pada materi operasi dasar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Bentuk desain penelitian yang dipilih adalah One-Group Pretest-Posttest yang dilakukan pada 10 siswa kelas 4 SD. Instrumen pada pretest menggunakan media paper, sedangkan pada posttest menggunakan media game Teras Matematika. Dari hasil penelitian diperoleh perbedaan hasil latihan siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest siswa dalam mengerjakan latihan soal mencapai 32 level. Sedangkan rata-rata posttest siswa dalam mengerjakan latihan soal mencapai 43 level. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa game Teras Matematika dapat meningkatkan hasil latihan siswa pada materi operasi dasar matematika.

 

Kata Kunci: game, latihan soal, operasi dasar matematika

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Keenambela. ed. Asfah Rahman. Jakarta: PT Rajagravindo Persada.

Fitriani, Dian. 2018. “Pembuatan Game Edukasi Aritmatika Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Untuk Memvisualisasi Tingkatan Level Berbasis Android.”

Heruman. 2016. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. ed. Boyke Ramdhani. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulana, Muhammad Sidqi. 2017. Implementasi Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sumber Daya Alam di SMPN 2 Pekalongan.

Mendikbud. 2020. “C. d. 0.0075 300.”

Pane, Syafrial Fachri, Muhammad Diar Fadillah, and Mochammad Zamzam. 2020. Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. eds. Mohammad Zamzam and Muhamad Diar Fadilla. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Pramuditya, Surya Amami dkk. 2018. Desain Game Edukasi Berbasis Android Pada Materi Logika Matematika.

Priatna, Nanang, and Ricki Yuliardi. 2019. Pembelajaran Matematika. eds. Nita Nur Mulyawati and Pipih Latifah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ridoi, Mokhammad. 2018. Cara Mudah Membuat Game Edukasi Dengan Contruct 2. Malang.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Kedua. ed. Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. eds. Imas Komariah and Daeng Nurjamal. Bandung: Alfabeta.

Wiryanto. 2020. “Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi COVID-19.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 6(2).

Downloads

Published

2020-10-31