PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • nanang_arifin nanang Universitas Nusantara PGR Kediri
  • Ahmad Haris Ilhamsyah UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
  • Bisma Ziyad Arafat UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran daring adalah pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung dan dilakukan melalui jaringan telekomunikasi atau internet. Pembelajaran daring di terapkan oleh institusi Pendidikan karena adanya pandemi Covid-19. Penerapan pembelajaran daring berdampak pada penurunan tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan multimedia dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian experimen, metode experimen ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah penerapan multimedia dalam pembelajaran daring. Teknik penganmbilan data dilakukan dengan pre test dan post tes yang dilakukan di MI YPSM Tawangrejo pada kelas empat dengan jumlah siswa 36 anak. Hasil pre test siswa kelas empat jumlah nilai siswa adalah 1710 dan  rata – rata nilai adalah 47.50. sedangkan hasil post test siswa kelas empat jumlah nilai adalah 2420 dan rata – rata nilai adalah 67.22. hal ini menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran daring, penggunaan multimedia memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran dan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Multimedia, Pemahaman, Daring (Dalam Jaringan)

ABSTRACT

Online learning is direct face-to-face learning and is carried out via telecommunications networks or the internet. Online learning is being implemented by educational institutions because of the Covid-19 pandemic. The application of online learning has an impact on decreasing the level of student understanding of the material presented by the teacher. The purpose of this study was to determine the use of multimedia in improving students' understanding of online learning. This research method uses experimental research methods, this experimental method is used to determine the level of understanding of students before and after the application of multimedia in online learning. Data collection techniques were carried out by pre-test and post-test conducted at MI YPSM Tawangrejo in the fourth grade with 36 students. The pre-test results of the fourth grade students totaled 1710 and the average grade was 47.50. while the results of the post-test fourth grade students total value is 2420 and the average value is 67.22. This shows that when learning online, the use of multimedia makes it easier for students to understand learning material and has an impact on improving student learning outcomes.

Keywords: Multimedia, Comprehension, Online (In Network)

 

Downloads

Published

2020-10-31