KKN Tematik Mewujudkan Potensi Anak-Anak: Langkah Proaktif di Kelurahan Setono Pande
PDF

Keywords

kkn tematik
pendekatan holistik
setono pande
potensi anak anak

How to Cite

Rizky Anisa Johara, Moh. Khamdanni, Shely Suci Hati, Cari Riskiana, M. Nasikhun Amin, & Dhava Rivaldo Adhi Pratama. (2024). KKN Tematik Mewujudkan Potensi Anak-Anak: Langkah Proaktif di Kelurahan Setono Pande. Proceedings of The National Conference on Community Engagement, 1(1), 506–512. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ncce/article/view/5747

Abstract

Dalam konteks KKN Tematik di Kelurahan Setono Pande, mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri telah melaksanakan serangkaian kegiatan dengan tujuan mengembangkan potensi anak-anak secara proaktif. Metode yang digunakan melibatkan berbagai kegiatan, seperti bimbingan belajar, kegiatan ekstrakurikuler, olahraga bersama, dan penyelenggaraan festival anak. Hasilnya menunjukkan peningkatan kreativitas, kepercayaan diri, keterampilan sosial, dan prestasi akademik anak-anak. Pembahasan menyoroti pentingnya pendekatan holistik yang mencakup pendidikan formal dan non-formal, serta peran aktif mahasiswa sebagai agen perubahan dalam masyarakat. Kesimpulannya, KKN Tematik bukan hanya tindakan pengabdian semata, tetapi juga bagian penting dari upaya mendukung pertumbuhan dan perkembangan generasi muda, yang merupakan aset berharga bagi masa depan bangsa. Abstrak ini menggarisbawahi pentingnya upaya proaktif dalam mengembangkan potensi anak-anak melalui kolaborasi antara pendidikan tinggi dan masyarakat lokal

PDF

References

Syam and A. Amri, "Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare)," Jurnal Biotek, vol. 5, no. 1, pp. 87-102, 2017.

N. Nurhasanah, B. Endang and S. Lestari, "Analisis Layanan Bimbingan Dan Konseling Tentang Potensi Diri Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 6, no. 12, 2017.

E. Clabough, Second nature: How Parents Can USe Neuroscience to Help Kids Develop Empathy, Creativity, and Self-Control, Colorado: Sounds True, 2019.

D. V. Fakhriyani, "Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini," Wacana Didaktika, Vol. 4, No. 2, pp. 193-200, 2016

R. P. Sari, "Kreativitas Bermain Anak Usia Dini," Jurnal Pusaka, vol. 5, no. 1, pp. 10-23, 2017.

U. Hasanah, "STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK ANAK USIA DINI," INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, vol. 23, no. 2, pp. 204-222, 2018

R. P. Rijikiyani, S. Syarifuddin and N. Mauizdati, "Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age," Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4905-4912, 2022.

N. M. D. Wulansari, Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak di Era Digital, Jakarta: Visimedia, 2017.

A. Atabik, "Pendidikan dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini," ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 2, no. 1, pp. 149-166, 2018

I. A. Putra, R. P. Sari, S. S. Hati and S. Apriliana, "Numeracy Ability of Students at SDN 3 Kebonagung Sawahan District Nganjuk through 3D Learning Media based on Discovery Learning," Multidiscipline International Conference, vol. 2, no.1, pp. 77-84, 2023