Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti, bahwa masih banyak siswa yang memiliki permasalahan dalam belajar, salah satunya adalah masalah motivasi belajar yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik psikodrama dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental, one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asymp.Sig.(2-tailed) 0,011 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik psikodrama. Perbedaan tersebut juga ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor motivasi belajar pretest dan posttest sebesar 80,25 berubah menjadi 126,50. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.