Pengenalan Pola Karakter Aksara Jawa Menggunakan Metode Perceptron Aplikasi Caraka
PDF

Keywords

Aplikasi Carakan
Perceptron
Aksara Jawa

How to Cite

Oktavianti, A. C. ., Setiawan, A. B. ., & Shofia, N. . (2021). Pengenalan Pola Karakter Aksara Jawa Menggunakan Metode Perceptron Aplikasi Caraka. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 159–164. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.942

Abstract

Aksara adalah sistem tanda garis tertentu. Misalnya Aksara Jawa, yang digunakan oleh masyarakat suku jawa untuk berkomunikasi dan sedikit banyak mewakili ujaran. Namun aksara tersebut semakin tidak dikenali oleh masyarakatnya sendiri termasuk generasi muda, karena secara umum bangsa Indonesia sudah menggunakan bahasa resmi bahasa Indonesia dan aksara latin dalam berkomunikasi secara tertulis. Maka dari itu dibutuhkan sebuah aplikasi android yang dapat membantu siswa dalam mempelajari aksara jawa di masa sekarang ini. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibuatlah aplikasi carakan dengan menyediakan fitur pemberian materi seputar aksara jawa dan juga memberikan fitur lain yaitu pengenalan pola pada aksara jawa yang kurang dimengerti dengan menggunakan metode perceptron. Metode perceptron ini digunakan aplikasi untuk pencocokan data inputan dengan data sampel. Untuk kemudian dilakukan perhitungan bobot dan bias.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.942
PDF

References

Prihantono, D. (2011). Sejarah Aksara Jawa. Yogyakarta: Javalitera.

Indra, P. (2018). Pengenalan Pola Tulisan Tangan Aksara Jawa Dengan Jaringan Syaraf Tiruan Metode Perceptron.

Chuzaimah Mabruroh, Fereshti Nurdiana Dihan. (2015). SMARTPHONE: ANTARA KEBUTUHAN DAN E-LIFESTYLE. Semnas IF, 1, 5.

Liza Afriyanti.2010, Rancang Bangun Tool Untuk Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Model Perceptron, Universitas Islam Indonesia.

Backpropagation. Jurnal Teknologi Informasi, Komputer, dan Aplikasinya (JTIKA ), 2(2), 237-247.

Tambunan, F. (2019). Pengenalan Aksara Batak Dengan Metode Perceptron. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 4(1), 160.

AKSARA JAWA Lengkap Dan Contoh | Pasangan, Sandangan, Cara menulis. (2020, December 13). Retrieved February 15, 2021, from https://moondoggiesmusic.com/aksara-jawa/#gsc.tab=0

Yanto, M. (2017). Penerapan jaringan syaraf tiruan dengan algoritma perceptron pada pola penentuan nilai status kelulusan sidang skripsi. JURNAL TEKNOIF, 5( 2), 79-87.

Anggelin F.A, Sanjaya A, Setiawan B.A. (2018). Pengenalan Pola Tulisan Huruf Jepang (Hiragana) Menggunakan Partisi Citra. Generation Journal, 2(1), 25-31.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Adelya Crystina Oktavianti, Ahmad Bagus Setiawan, Niska Shofia

Downloads

Download data is not yet available.