Perancangan Aplikasi Sejarah Penyebaran Agama Islam di Indonesia Sebagai Media Pembelajaran
PDF

Keywords

Sejarah kebudayaan islam
Aplikasi edukasi
Rancangan aplikasi

How to Cite

Wulandari, M., Dara, M. A. D. W., & Helilintar, R. (2024). Perancangan Aplikasi Sejarah Penyebaran Agama Islam di Indonesia Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(1), 210–217. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/4928

Abstract

Sejarah kebudayaan islam (SKI) merupakan mata pelajaran yang sering di anggap mengundang kantuk dan membosankan, persepsi ini telah diwariskan oleh pendahulu mereka oleh karena itu nilai siswa sebagian besar berada pada batas KKM bahkan dibawahnya. Pada saat ini banyak metode pengajaran yang dapat dilakukan oleh guru salah satunya yaitu metode digital learning yang memanfaatkan fasilitas yang ada seperti penggunaan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi edukasi berbasis android yang memanfaatkan fitur augmented reality dengan hasil beruda objek 2D dan penjelasa berupa suara selain itu terdapat juga short quiz dengan metode fisher yates shuffle untuk mengacak soal yang ada dalam kuis tersebut. Aplikasi ini nantinya akan dibuat menggunakan unity dengan jumlah level untuk kuis yaitu 5 level dan setiap kali user benar dalam menjawab soal maka akan mendapatkan 5 poin jika salah maka kesempatan akan berkurang 1. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan materi berupa bacaan.

PDF

References

A. Syurgawi and M. Yusuf, “Metode Dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam,” Maharot J. Islam. Educ., vol. 4, no. 2, p. 175, 2020. doi: 10.28944/maharot.v4i2.433.

A. Rasyid, “Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi,” Scolae J. Pedagog., vol. 1, no. 1, pp. 13–25, 2018. doi: 10.56488/scolae.v1i1.8.

A. F. Jafar, “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 3, no. 2, p. 190, Oct. 2021. doi: 10.24252/asma.v3i2.23748.

S. Rocham and N. Miyono, “Digitalisasi Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Bandarjo 01, Ungaran Barat Kabupaten Semarang,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 1328–1336, 2024. doi: 10.23969/jp.v9i1.12846.

S. Asari et al., “Paikem (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan),” DedikasiMU J. Community Serv., vol. 3, no. 4, pp. 1139–1148, 2021. doi: 10.30587/dedikasimu.v3i4.3249.

I. Ripai and O. Ropiah, “Media Pembelajaran Digital Berbasis Prezi pada Matakuliah E Commerce terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi STKIP Muhammadiyah Kuningan,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 11, no. 2, pp. 130–141, 2023. doi: 10.24269/dpp.v11i2.6205.

I. P. Sari, I. H. Batubara, A. H. Hazidar, and M. Basri, “Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran,” Hello World J. Ilmu Komput., vol. 1, no. 4, pp. 209–215, 2022. doi: 10.56211/helloworld.v1i4.142.

M. A. Hasan, S. Supriadi, and Z. Zamzami, “Implementasi Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Lancang Kuning Riau),” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 291–298, 2017. doi: 10.25077/teknosi.v3i2.2017.291-298.

F. P. Sari, “Aplikasi sistem informasi pemesanan koki dan masakan rumahan berbasis android,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 123–126, 2018. doi: 10.24176/sitech.v1i2.2396.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurnia, and D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, pp. 13–23, 2021. doi: 10.35969/interkom.v14i4.78.

W. aulia Rohmah, A. Asriyanik, and W. Apriyandari, “Implementation of the Algorithm Fisher Yates Shuffle on Game Quiz Environment,” J. Informatics Telecommun. Eng., vol. 4, no. 1, pp. 161–172, 2020. doi: 10.31289/jite.v4i1.3863.

J. Juhaeni, E. I. Cahyani, F. A. M. Utami, and S. Safaruddin, “Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah,” J. Instr. Dev. Res., vol. 3, no. 2, pp. 58–66, 2023. doi: 10.53621/jider.v3i2.225.

E. Trivaika and M. A. Senubekti, “Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android,” Nuansa Inform., vol. 16, no. 1, pp. 33–40, 2022. doi: 10.25134/nuansa.v16i1.4670.

R. Harisca, A. Huda, and L. Slamet, “Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web Pada Man 1 Padang,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 5, no. 2, 2017. doi: 10.24036/voteteknika.v5i2.8505.

K. I. Gunawan and J. Santoso, “Multilabel text classification menggunakan svm dan doc2vec classification pada dokumen berita bahasa indonesia,” J. Inf. Syst. Graph. Hosp. Technol., vol. 3, no. 01, pp. 29–38, 2021. doi: 10.37823/insight.v3i01.126.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Miftakhul Wulandari, Made Ayu Dusea Widya Dara, Risa Helilintar

Downloads

Download data is not yet available.