Implementasi Metode Multi Factor Evaluation Process dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Permintaan Kelayakan Kredit
PDF

Keywords

MFEP
Keyalakan Kredit
Teknik Informatika

How to Cite

Dewantara, B. ., & Helilintar, R. . (2020). Implementasi Metode Multi Factor Evaluation Process dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Permintaan Kelayakan Kredit. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 056–060. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.173

Abstract

Dalam prroses penentuan kelayakan kredit pada UD.Akmal motor saat ini masih dilakukan secara subjektif dan atas dasar penilaian yang sudah ditentukan oleh perusahaan, sehingga terkadang menyebabkan lamanya waktu memberikankredit dan ketidakpuasaan serta menimbulkan pertanyaan. Dengan adanya sistem pendukung keputusan kelayakan kredit ini maka kriteria-kriteria penentuan menjadi lebih jelas dan keputusan yang dihasilkan menjadi lebih akurat karena telah sesuai dengan fakta/kenyataan yang ada. Penelitian dengan judul implementasi metode multi factor evaluation process untuk permintaan kelayakan kredit ini dirancang dengan maksud membantu pihak UD. Akmal Motor dalam mennetuntukan kreditur yang layak dengan memperluas kapabilitas mereka, namun tidak menggantikan penilaian mereka. Dalam penelitian ini ditetapkan ada 6 kriteria yang digunakan sebagai acuan dari sistem ini diantaranya Umur, Status, Pekerjaan, Penghasilan, Rekenging Listrik, Uang muka. Hasil dari perhitungan kredit menggunakan metode multi factor evaluation process ini dapat diperoleh data Bobot Evaluasi dari anam adalah 0,2158. bobot Evaluasi aris adalah 0,1895. bobot Evaluasi anang adalah 0,3053. bobot Evaluasi Agas adalah 0,3105. Kesimpulannya adalah aris mendapatkan nilai terendah yang menjadikanya belum layak direkomendasikan dan anang yang mendapat nilai tertinggi layak untuk mendapat rekomendasi kredit.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.173
PDF

References

Siburian, T., Dewi, R. dan Widodo. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Merekomendasikan Tempat Les Musik Dipematangsiantar Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer. Vol 2, No 1. 242-248.

Sri Wahyuni, M., Apriandi, Muhazzir, A., Lubis, Z., Annisa, S., satria, B., dan Nando Winata, H. 2019. Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Pada Masyarakat Desa Sawit Rejo Dengan Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP). Buletin Utama Teknik. Vol 14, No 3.188-194.

Primadasa, Y., Amalia, V. Penerapan Metode Multi Factor Evaluation Process untuk Pemilihan Tanaman Pangan di Kabupaten Musi Rawas. 2017. Jurnal Sisfo. Vol 07, No 01. 47-58.

Pressman, R.S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi(Buku Dua). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering 9th Edition. Addison-Wesley.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Niska, Debi Yandra dan Syafitri Wulandari. 2018. Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Menu Makanan Sehat dengan Metode Simple Additive Weighting, Jurnal Teknik dan Informatika, Volume 5 Nomor 2, Halaman 1-5. ISSN: 2089-5940.

Turban, Efraim, Jay E Aronson dan Ting Peng Liang, 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 7th Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Pratiwi Heny, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Berprestasi Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP)”, Samarinda Kalimantan Timur : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Caltex Riau : Jurnal Teknik Informatika, Vol 5 Nomer 2 September 2014.

Ahmad Khaidir, “Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Calon Siswa Baru Di SMA Negeri 1 Badar Dengan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP)”, Volume : VI, Nomor: 3, April 2014.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Bagas Dewantara, Risa Helilintar

Downloads

Download data is not yet available.