Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Penjualan Obat di Apotek Warujayeng
PDF

Keywords

Klasifikasi Penjualan Obat Menggunakan Metode Algoritma C4.
Decission Tree.Id3

How to Cite

Awalina, S. P. ., Helilintar, R. ., & Setiawan, A. B. . (2023). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Penjualan Obat di Apotek Warujayeng. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(3), 1117–1125. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3544

Abstract

Apotek Warujayeng merupakan suatu pusat usaha perdagangan obat yang bergerak dalam penjualan obat – obatan. Apotek Warujayeng saat ini sedang mengalami permasalahan untuk mengatur persediaan obat – obatan di gudang. Karena terlalu banyak obat yang sering keluar masuk ke cabang tanpa adanya sebuah sistem, mengakibatkan sering kehabisan stok obat di gudang. Tujuan Penelitian ini adalah membuat dan merancang sistem klasifikasi persediaan obat. Mengimplementasikan metode algoritma c4.5 Berdasarkan dari hasil penelitian ini yaitu, untuk mengelola klasifikasi persediaan obat ini di harapkan memudahkan saat super admin dan sales untuk mengetahui stok yang laku dan tidak laku. Hasil dari data yang di Kelola dari data awal 335 menjadi hasil data 163 di kategorikan tidak laku dan 172 di kategorikan laku. ,namun dengan tampilan yang berbeda dan diharapkan akurasi mencapai angka 100% dan pemeliharaan terhadap sistem secara berkala agar sistem dapat berjalan dengan baik.. untuk memprediksi persediaan obat. sistem ini dibuat dengan HTML dan PHP. 

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3544
PDF

References

Anonim, “Techno Xplore Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENENTUAN PENERIMA BEASISWA (Studi Kasus: SDN Karawang Kulon III),” 2018.

B. Said Renhoran, N. Nurhandayani, L. Septiana, P. Studi Sistem Informasi, and S. Nusa Mandiri, “PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MENENTUKAN

DATA STOK DAN TARGET PERMINTAAN MATERIAL YANG PALING DIBUTUHKAN GUDANG LOGISTIK PADA PT PLN (Persero) AREA KEBON

JERUK,” FEBRUARI, vol. 12, no. 2, 2018, [Online]. Available: www.nusamandiri.ac.id

A. Persediaan, S. Barang, D. Nababan, and A. V. Tanlim, “Darsono Nababan Analisis Persediaan Stok Barang Menggunakan Algoritma C 4.5 (Studi Kasus CV Harapan Raya),” 2011.

A. Yoga Pratama and Y. Hanum, “PENERAPAN TEKNIK DATA MINING UNTUK MENENTUKAN HASIL SELEKSI MASUK SMAN 99 JAKARTA UNTUK SISWA/SISWI SMPN 9 JAKARTA MENGGUNAKAN DECISION TREE APPLICATION OF DATA MINING TECHNIQUE TO DETERMINE 99 STATE HIGH SCHOOL JAKARTA ENROLLMENT TEST RESULTS FOR STUDENTS OF 99 STATE JUNIOR HIGH SCHOOL BY EMPLOYING DECISION TREE.” “jurnal juna eska”.

E. Jannah and V. Sihombing, “Penerapan Data Mining Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Menggunakan Algoritma C4.5,” vol. 8, no. 1, [Online]. Available: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/

R. Melyanti and E. Sabna, “PENERAPAN KLASIFIKASI DATA MINING UNTUK PREDIKSI TINGKAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN SKRIPSI MAHASISWA”, doi: 10.33060/JIK/2021/Vol11.Iss2.282.

J. Sinta and A. S. Sinaga, “Desember 2018 ■ 144 Data Mining Algoritma C4.” “1235-Article Text-2316-1-10-20210805”.

J. Inovasi Penelitian et al., “ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DI BIDANG INDUSTRI MAKANAN (Studi Kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi)”. “admin-journal-manager-3-full”.

M. Tabrani and H. Priyandaru, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEBSITE PADA UNL STUDIO DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” 2021.

S. Haryati, A. Sudarsono, and E. Suryana, “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI MASA STUDI MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS: UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU),” 2015.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Salma Putri Awalina, Risa Helilintar, Ahmad Bagus Setiawan

Downloads

Download data is not yet available.