Sistem Informasi Survey Pengukuran Tingkat Kesadaran Keamanan Informasi Menggunakan Metode Multiple Criteria Decision Analisys (MCDA)
PDF

Keywords

Keamanan Informasi
MCDA
Area
PHP dan MySql

How to Cite

Setiyawan, G. P. B. ., Helilintar, R. ., & Wulanningrum, R. . (2022). Sistem Informasi Survey Pengukuran Tingkat Kesadaran Keamanan Informasi Menggunakan Metode Multiple Criteria Decision Analisys (MCDA). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(3), 073–080. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2668

Abstract

Kesadaran terhadap keaanan informasi menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam pemfaatan teknologi dan informasi. Insiden Keamanan informasi akan terjadi akibat dari  jika tingkat kesadaran masih rendah. Penelitian ini melakukan pengukuran tingkat kesadaran keamanan informasi terhadap Karyawan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri . Tujuan  dari penelitian ini untuk mebangun sebuah tools yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesadaraan keamanan informasi karyawan dengan demikian maka dapat digunakan mendukung kebijakan terkait dengan keamanan dan informasi Sehingga harus mendapat perhatian khusus dan perlu suatu tindakan yang nyata untuk mendukung karyawan dalam melakukan  peningkatan  level kesadaran informasi . Metode yang digunakan adalah metode Multiple Criteria Decision Analysis (MCDA) dengan menggunakan  enam area pengukuran dan tiga dimesi pembobotan yaitu pengetahuan, sikap dan perilaku. Bahasa pemrogaman menggunakan PHP dan database MySQL. Dari data yang diperoleh pada penelitian dapat diketahui nilai tertinggi ada pada jawaban Setuju dengan skor 868, Sangat setuju dengan skor 596, Netral dengan skor 343, Tidak Setuju dengan skor 89 dan Sangat Tidak Setuju dengan skor 54. Selain itu kita dapat ketahui kecenderungan dalam 7 area semua user lebih cenderung dan kuat pada Menyadari Konsekuensi setiap tindakan bahwa user menyadarai bahwa dari setiap tindakan yang akan dilakukan maka akan menimbulkan konsekuensi pada dirinya.

PDF

References

McLeod, Raymond & Schell, George P, 2008, Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10, Salemba Empat, Jakarta.

Witman, M. E., Mattord, H. J., 2011, Principles of Information security, 4th Edition, Cengage Learning, Atlanta.

Kruger, H. A., Flowerday, S., Drevin, L., & Steyn, T. (2011). An Assessment of the role of cultural factors in information security awareness. ISSA.

Global, S. (2008). Security Awareness: Measuring Attitudes, Knowledge and Behaviour. SAI Global.

APCICT. (2009). Keamanan Jaringan dan Keamanan Informasi dan Privasi. Dalam APCICT, Akadei Esensi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pimpinan Pemerintah. Incheon: Scandinavian Publishing Co., Ltd.

Papagiannakis, K., Pijl, G. v., & Visser, A. d. (2011). An Overview of the current level of Security Awareness in Greek Companies. Erasmus University of Rottersam.

Schlienger, T., & Teufel, S. (2003). Information Security Culture - From Analysis to Change. South African Computer Journal, 638-646.

]Belton, V., & Stewart, T. J. (2002). Multiple Criteria Decision Analysis: An Integrated Approach. Kluwer Academic Publishers.

Krugger, H. A., & Kearney, W. D. (2006). A Prototype for assesing information security awareness. Computer & Securitiy, 289 - 296

Kruger, H., & Kerney, W. (2005). Dipetik Februari 2013, dari icsa.cs.up.ac.za: icsa.cs.up.ac.za/issa/2005/Proceedings/Full/018_A rticle.pdf

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Gadang Putro Bagus Setiyawan; Risa Helilintar, Resty Wulanningrum

Downloads

Download data is not yet available.