Pemanfaatan Information Retrieval Untuk Mengetahui Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
PDF

Keywords

Algoritma C 4.5
Bahasa Indonesia
Data Mining

How to Cite

Jamaludin, A. ., Helilintar, R. ., & Ramadhani, R. A. . (2022). Pemanfaatan Information Retrieval Untuk Mengetahui Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 230–235. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi konsep pemahaman siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Proses belajar mengajar pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran cerpen sangatlah penting agar tercapainya pemahaman peserta didik dalam materi yang telah diberikan oleh guru, merupakan fungsi dari adanya seorang pendidik. Sumber data diperoleh dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh seorang pendidik dan siswa pada SMAN 4 Kediri. Metode klasifikasi yang digunakan adalah Algoritma C4.5, adapun kategori penilaian yang digunakan dibagi menjadi 4 yaitu gagasan, kesesuaian dengan tema, gaya bahasa/penulisan, struktur teks memenuhi syarat. Jumlah data yang digunakan dalam sebuah penelitian sebanyak 100 data dengan hasil perhitungan nilai entropi dan gain untuk menentukan paham tidaknya siswa. Diperoleh hasil jumlah perhitungan dengan ketentuan siswa paham  sebanyak 83 dan siswa yang tidak paham sebanyak 17 siswa dengan hasil entropi sebesar 0,6577 dan memperoleh nilai gain tertinggi sebesar 0,2334 pada struktur teks memenuhi syarat, dimana siswa dapat dikategorikan faham jika memiliki nilai kategori baik atau sangat baik lebih dari 2 kategori agar disimpulkan menjadisiswa yang faham dan siswa dapat dikategorikan tidak faham maksimal mendapatkan nilai kurang sebanyak 2 kategori atau lebih agar dapat disimpulkan menjadi siswa yang kurang faham.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2588
PDF

References

Anwar, Hamzah S., and Nana. 2020. “Penggunaan Aplikasi Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Poe2we Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika.” OSF Preprints. March 2. doi:10.17605/OSF.IO/YT28A.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Helilintar, R., Aswi Ramadhani R., Rochana, S. (2017). Data Mining K-Nearest Neighbor (KKN). Kediri. Cetakan Pertama.

Helilintar, R., Nur Farida, I., Heri Irawan, R. (2018). Penerapan Metode K Means Clustering Pada Data Penerimaan Mahasiswa Baru. Vol 1, 1.

Novika, T. 2021. Penerapan Data Mining Klasifikasi Tingkat Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Matematika.Volume 5, 9.

Nurhadi, S., Hidayat, N., & Marhaban, G. (2019). Sistem Basis Data Mysql di Ubuntu. Slamet Nurhadi, Nur Hidayat, dan Ghifar Marhaban.

Pusdiklat. (2018). BAHASA INDONESIA (Pusdiklat (ed.); Pusdiklat). Pusdiklat.

Rerung, Rintho Rante. 2018. Pemrograman Web Dasar. Depublish. Cetakan Pertama.

Subagia, Anton. 2018. Membangun Aplikasi Web dengan Metode OOP.Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Suntoro, J. (2018). Data Mining Algoritma dan Implementasi Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP (J. Suntoro (ed.)).

Susianti Utin D., Oktaviani D. 2018. Desain Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Membantu Pemahaman Siswa Tentang Konsep Geometri. Vol: 3, 18-26

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Ahmad Jamaludin; Risa Helilintar, Risky Aswi Ramadhani

Downloads

Download data is not yet available.