Sistem Keamanan Pintu dengan Android Menggunakan NODEMCU
PDF

Keywords

NodeMCU
SDN 2 Tapan
Sistem Keamanan Pintu

How to Cite

Muhaimin, A. ., Setiawan, A. B. ., & Sanjaya, A. . (2020). Sistem Keamanan Pintu dengan Android Menggunakan NODEMCU. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 248–253. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.205

Abstract

Saat ini SDN 2 Tapan masih menggunakan kunci pintu yang biasa jadi ketika seorang pegawai lupa tidak mengunci pintu sedangkan pegawainya sudah pulang kerja maka harus kembali ketempat kerja untuk mengkunci pintu. Hal tersebut membutuhkan waktu cukup  lama karena harus bolak-balik dari rumah ke SDN 2 Tapan.Melihat permasalahan diatas membuat penyusun tertarik untuk membuat sebuah sistem keamanan pintu dengan Telegram menggunakan NodeMCU yang mampu meningkatkan kinerja pegawai SDN 2 Tapan sehingga lebih mudah karena dengan adanya sistem keamanan berbasis Telegram akan menyingkat waktu yang dibutuhkan pegawai dalam bekerja. Sistem keamanan pintu dengan Telegram menggunakan NodeMCU tersebut akan diimplementasikan kedalam pintu kantor di SDN 2 Tapan. Pendekatan dan model penelitian yang digunakan penulis adalah model Waterfall. Dan dari hasil uji coba dengan 7 kali buka dan 7 kali kunci pintu waktu rata-rata delay saat memberi perintah ke alat waktu buka pintu yaitu : 1.72 detik dan 1.68 detik untuk menutup pintu.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.205
PDF

References

Simbolon. Henric Sahala Teofilus Dkk 2018. Rancang .Bangun Sistem Otomasi Dan Keamanan Rumah Pintar Menggunakan Raspberry Pi 3 Dengan Pusat Kendali Telegram. Bandung.

Hidayati. Nur. 2019. Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Kediri

Hidayat, M Reza. Dkk 2018. Perancangan Sistem Keamanan Rumah Berbasis Iot Dengan Nodemcu Esp8266 Menggunakan Sensor Pir Hc-Sr501 Dan Sensor Smoke Detector.

Iskandar, Akbar. Dkk 2017. Sistem Keamanan Pintu Berbasis Arduino Mega. Makassar.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Agus Muhaimin, Ahmad Bagus Setiawan, Ardi Sanjaya

Downloads

Download data is not yet available.