Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Menggunakan Metode ROC dan SAW
PDF

Keywords

ROC
SAW
Smartphone

How to Cite

Hamid, R. N. ., N, R. K. ., & Sanjaya, A. . (2022). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Menggunakan Metode ROC dan SAW. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 125–130. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2571

Abstract

Perkembangan teknologi yang ada pada saat ini sangatlah berkembang pesat, khususnya smartphone. Bagi masyarakat smartphone merupakan satu teknologi yang saat ini berperan sangat penting. Dengan perkembangan yang ada pada saat ini smartphone telah memiliki berbagai macam spesifikasi yang canggih serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang modern. Dikarenakan bermacam-macam spesifikasi dan harga yang ditawarkan membuat konsumen bingung dalam menentukan smartphone yang diinginkan. Permasalahan ini terjadi di Sakha Phone yang beralamat di Gurah, Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem pendukung keputusan pemilihan smartphone dengan metode ROC dan SAW untuk membantu pengguna dalam masalah menentukan smartphone terbaik. Hasil dari sistem akan merekomendasikan alternatif smartphone terbaik dari sejumlah alternatif smartphone yang ada. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP serta MySQL sebagai databasenya.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2571
PDF

References

Mukhlasin, A. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web. Prosiding SISFOTEK, 2(1), 46-52.

Irawan, D., & Abadan, B. F. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pembelian Handphone Menggunakan Metode Saw (Simple Additive Weighting) Studi Kasus Padang Cell Lubuklinggau. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 4(01), 48-57.

Salsabella, A. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Resep Masakan Berdasarkan Ketersediaan Bahan Makanan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 2(3), 110-117.

Rahma, Afiefah. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Mahasiswa Menggunakan Metode SMARTER. 15-35.

Eniyati, S. (2011). Perancangan sistem pendukung pengambilan keputusan untuk penerimaan beasiswa dengan metode SAW (Simple Additive Weighting). Dinamik, 16(2).

Kusumadewi, Sri. 2006. Fuzzy Multi Attribute Decission Making. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Ridho Nur Hamid; Ratih Kumalasari N, Ardi Sanjaya

Downloads

Download data is not yet available.