Hand Gesture Recognition Untuk Interaksi Anak Autis Dengan Algoritma Convex Hull
PDF

Keywords

Hand Gesture Recognition
Convex Hull
Autisme
Interaksi Manusia Komputer
GCompri

How to Cite

Anwarruddin, M. T. ., Sanjaya, A. ., & Sahertian, J. . (2020). Hand Gesture Recognition Untuk Interaksi Anak Autis Dengan Algoritma Convex Hull . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 9–13. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.110

Abstract

Beberapa anak pengidap sindrom autisme kesulitan untuk melakukan interaksi secara
verbal maupun fisikal, bahkan pada penggunaan perangkat komputasi untuk kegiatan edukasi. Pada penelitian ini diterapkan pengenalan isyarat tangan (hand gesture) sebagai pendekatan alternatif interaksi manusia dengan komputer, khususnya bagi anak pengidap autisme. Metode convex hull digunakan untuk menemukan titik masing-masing jari pada tangan. Setelah tangan terdeteksi pada tiap frame citra, koordinat tangan dipakai guna melakukan kontrol terhadap mouse untuk berinteraksi dalam mengoperasikan game edukasi bernama GCompris. Penelitian ini menunjukkan bahwa objek berupa isyarat tangan manusia mampu dikenali dengan hasil akurasi sebesar 80% pada kondisi pencahayaan yang cukup dan warna background gelap serta polos.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.110
PDF

References

Mahardani, D., Y. 2016. Kemampuan Komunikasi Dalam Berinteraksi Sosial Anak Autis Di Sekolah Dasar Negeri Bangunrejo 2. https://eprints.uny.ac.id/40964/, diakses pada tanggal 15 Juni 2020.

Yudhistira, K. 2018. Algoritma Convex Hull Dan Freeman Chain Code Pada Visual Hand Tracking. Seminar Nasional Sistem Informasi. No. 1. Vol. 2.

Chairunnisa, T. 2015. "Pengenalan Gerakan Tangan Manusia Untuk Interaksi Manusia-Komputer". http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/55116, diakses pada tanggal 16 Juni 2020.

Fatimah, S. 2017. Interaksi Pada Augmented Reality Satwa Langka Indonesia Dengan Pengenalan Gerakan Jari Tangan. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/2414, diakses pada tanggal 16 Juni 2020.

Pendke, K., Khuje, P., Namaware, S., Thool, S. dan Nimje, S. 2015. Computer Cursor Control Mechanism By Using Hand Gesture Recognition. International Journal of Computer Science and Mobile Computing. No. 3. Vol. 4. 293-300.

Shetty, S., Yadaf, S., Upadhyay, R., dan Bodade, V. 2016. Virtual Mouse Using Colour Detection. IJSRSET. No. 2. Vol. 2. 639-643.

Kalolo, R. dan Yuniar, S. 2019. GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME Informasi untuk Orang Tua dalam Bentuk Modul Psikoedukasi. Tim Ebook AUP, Surabaya.

Chaudhary, A. 2018. Robust Hand Gesture Recognition for Robotic Hand Control. Springer Nature Singapore Pte Ltd, Gateway East, Singapore.

Putra, D., 2010. Pengolahan Citra Digital. CV Andi Offset, Y ogyakarta.

Saputra, A. G., Utami, E. dan Fatta, H. A. 2018. Analisis Penerapan Metode Convex Hull Dan Convexity Defects Untuk Pengenalan Isyarat Tangan. Jurnal SAINTEKOM. No.2. Vol.8. 105-118.

Sinaga, A. S. RM .. 2017. Implementasi Teknik Threshoding Pada Segmentasi Citra Digital. Jurnal Mantik Penusa. No.2. Vol. I. 48-51.

Sanjaya, A. Utami, E., 2014, Identifikasi Personal Berdasar Bentuk Tangan, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, Hal 15-22

Animtim. 2016. Manual GCompris. https:// gcompris.net/wiki/Manual diakses pada Tanggal 16 Juni 2020

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI

Downloads

Download data is not yet available.