Sistem Prediksi Minat Penjualan Jaket di Grosir Murah Kediri Menggunakan Metode Naive Bayes
PDF

Keywords

jaket
minat penjualan
naive bayes
sistem prediksi

How to Cite

Satrio Damara, M. D. ., Farida, I. N. ., & Sahertian, J. . (2021). Sistem Prediksi Minat Penjualan Jaket di Grosir Murah Kediri Menggunakan Metode Naive Bayes. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 309–314. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.973

Abstract

Grosir Murah Kediri adalah grosir jaket yang berada di kota Kediri. Bertambahnya kompetitor grosir jaket di kota Kediri membuat Grosir Murah Kediri harus dapat memprediksi minat pasar agar terus berkembang dan bertahan. Dengan banyaknya produk jaket baru, membuat Grosir Murah Kediri kesulitan untuk menentukan produksi jaket terbaru yang diminati. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem berbasis web untuk membantu memprediksi minat produk jaket yang akan diproduksi menggunakan metode Naive Bayes. Naive Bayes dapat memprediksi minat jaket dengan melihat data sebelumnya, data tersebut diklasifikasi berdasarkan model, corak, bahan dan harga, selanjutnya menghasilkan output diminati atau kurang diminati. Manfaat penelitian ini adalah kemudahan dalam memprediksi minat produk jaket, sehingga dapat memproduksi jaket yang memiliki minat penjualan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan data menggunakan metode observasi di Grosir Murah Kediri. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa sistem prediksi minat penjualan jaket menggunakan metode naive bayes.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.973
PDF

References

Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2020. Penjualan Online Naik 480% selama Pandemi Covid-19. https://economy.okezone.com/read/2020/10/05/ 455/2288689/penjualan-online-naik-480-selama-pandemi-covid-19 diakses pada tanggal 23 Januari 2021.

Farida, I. N, Niswatin, R. K. 2017. Penggunaan Algoritma Naive Bayes Untuk Mengevaluasi Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Sains dan Informatika. Volume 3. Nomor 2.

Yulianah Devi. 2018. Implementasi Naive Bayes Classifier Untuk Prediksi Minat konsumen Pada Hijab Bergo. Simki-Techsain. Vol 02. No 07. 2599-3011.

Pransiska Novi, A.Haidar Mirza dan Andri. 2019. Penerapan Data Mining Prediksi Penjualan Barang Elektronik Terlaris Menggunakan Algoritma Naive Bayes.http://conference.binadarma.ac.id/index.php/ BDCCS/article/view/50/405 diakses pada tanggal 13 Juni 2021.

Yulianto Teguh. 2019. Prediksi Penjualan Produk Menggunakan Algoritma Naive Bayes (Studi Kasus Couple Store). http://eprints.uty.ac.id/4172/1/ NASKAH%20PUBLIKASITeguh%20Yulianto5140411372.pdf diakses pada tanggal 14 juni 2021.

Rukin. 2019. Metodologi Penelitian. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. Sulawesi Selatan.

Haditsah Annur. 2018. Klasifikasi Masyarakat Miskin Menggunakan Metode Naive Bayes. ILKOM Jurnal Ilmiah. Volume 10. Nomor 2.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Moch. Deifa Satrio Damara, Intan Nur Farida, Julian Sahertian

Downloads

Download data is not yet available.