Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Argumen untuk meningkatkan Keterampilan Argumentasi Mahasiswa dengan model infusion learning
DOI:
https://doi.org/10.29407/ek546632Keywords:
Aplikasi Pembelajaran, Argumen Matematis, Infusion Learning, Kemampuan ArgumentasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi pembelajaran argumen matematis berbasis model Infusion Learning guna meningkatkan kemampuan argumentasi matematis mahasiswa di jurusan informatika. Kemampuan argumentasi matematis sangat penting dalam konteks pendidikan tinggi, terutama di bidang yang memerlukan penalaran logis dan analitis seperti informatika. Meskipun penting, banyak mahasiswa yang kesulitan dalam mengembangkan dan menyampaikan argumentasi matematis secara sistematis. Model Infusion Learning diharapkan dapat mengintegrasikan teori matematika dengan aplikasi praktis yang relevan dengan dunia nyata, sehingga dapat meningkatkan keterampilan argumentasi mahasiswa. Aplikasi ini dirancang untuk menyediakan soal-soal matematis yang mengharuskan mahasiswa untuk memberikan argumen dan solusi yang logis, serta dilengkapi dengan fitur umpan balik langsung yang memungkinkan mahasiswa untuk memperbaiki dan meningkatkan argumentasinya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan berhasil meningkatkan kemampuan argumentasi matematis mahasiswa. Tes pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan argumentasi mahasiswa setelah menggunakan aplikasi. Selain itu, hasil evaluasi kualitatif melalui wawancara dan survei menunjukkan bahwa mahasiswa merasa lebih percaya diri dalam menyampaikan argumen matematis mereka setelah menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual, yang memungkinkan mahasiswa untuk menghubungkan teori dengan situasi dunia nyata. Dengan demikian, aplikasi pembelajaran berbasis model Infusion Learning dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan argumentasi matematis mahasiswa, serta memperkaya metode pembelajaran yang ada.
Downloads
References
K. Stacy, "Teaching mathematical argumentation.," Mathematics Education Research Journal, vol. 20, pp.
-98, 2008.
G. S. L. Harel, Toward a comprehensive perspective on the learning and teaching of proof., Handbook of
research on the teaching and learning of mathematics,, 2007.
A. L. C. A. D. P. Brown, Situated cognition and the culture of learning., Educational researcher, 2008.
R. Lins, "Infusion Learning: Theory and Practice.," Journal of Educational Technology & Society, vol. 15,
pp. 144-153., 2012.
J. B. K. T. L. Smith, "Infusion Learning: Integrating Problem-Based Learning into Mathematics Education,"
Journal of Educational Research, vol. 105, p. 250–265, 2018.
S. Toulmin, The Uses of Argument, Cambridge University Press, 1958.
L. M. L. M. K. Cohen, Research Methods in Education (8th ed.), Routledge, 2017.
D. J. L. C. S. C. Ary, Introduction to Research in Education (9th ed.)., 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Bahrul Subkhi, Anisah Nabilah, Wahyu Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





