Pengembangan Learning Management System Berbasis Pembelajaran Differensiasi dengan Integrasi Teknologi Exam Browser

Authors

  • Anisah Nabilah Universitas PGRI Jombang
  • Ersa Resita Universitas PGRI Jombang
  • Madyono Madyono Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Wahyu Ramadhan Universitas PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.29407/9fphh370

Keywords:

Pembelajaran diferensiasi, Exam browser, Teknologi pendidikan, Integritas akademik, Sistem pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran berbasis diferensiasi yang terintegrasi dengan teknologi pengawasan ujian berbasis exam browser. Pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa yang beragam, sementara penggunaan exam browser bertujuan untuk meningkatkan integritas akademik dengan membatasi akses siswa ke browser lain selama ujian berlangsung.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dalam pengembangan sistem, teknologi exam browser diintegrasikan dengan platform pembelajaran berbasis diferensiasi untuk menciptakan pengalaman belajar yang adaptif dan aman. Evaluasi sistem dilakukan melalui uji coba pada siswa, yang melibatkan pengukuran efektivitas sistem dalam meningkatkan fokus, kejujuran akademik, dan hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa melalui fitur diferensiasi dan meningkatkan integritas pelaksanaan ujian dengan membatasi akses ke sumber daya eksternal. Selain itu, siswa menunjukkan respons positif terhadap pengalaman belajar yang lebih personal dan aman. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan teknologi pendidikan yang mendukung pembelajaran adaptif dan integritas akademik di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Smith, J. (2020). "The Impact of Digital Technologies on Education: A Comprehensive Review." Journal of Educational Technology.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer Science & Business Media.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: An introduction. Pearson Education.

Smith, R. M., & Ragan, T. J. (2005). Instructional design. Wiley.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. ASCD.

Brown, A. (2019). "Enhancing Learning Through LMS: Best Practices and Case Studies." Educational Innovations Journal

Davis, R. (2021). "Challenges in Implementing LMS in Secondary Education." Tech in Education Journal..

Aljawarneh, S. (2020). "Reviewing and exploring innovative ubiquitous learning tools in higher education." Journal of Computing in Higher Education

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Pengembangan Learning Management System Berbasis Pembelajaran Differensiasi dengan Integrasi Teknologi Exam Browser . (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 247-254. https://doi.org/10.29407/9fphh370

Similar Articles

1-10 of 218

You may also start an advanced similarity search for this article.