Penerapan Augmented Reality dalam Pembelajaran Visualisasi Planet Bumi bagi Siswa MI Miftahush Shibyan

Authors

  • Nico Adi Saputra Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dea Avrillia Arba’a Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • John Cristofel Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/e04pqz62

Keywords:

AR, Pembelajaran Interaktif, Aplikasi Web AR, Visualisasi Planet Bumi, Teknologi Pendidikan

Abstract

Pembelajaran mengenai konsep-konsep geografi, khususnya visualisasi planet Bumi, seringkali menghadapi tantangan dalam hal penyampaian yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahush Shibyan. Kurangnya pemahaman visual yang mendalam dapat menyebabkan kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Salah satu solusi yang menjanjikan adalah penerapan teknologi Augmented Reality (AR), yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan objek tiga dimensi dalam dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi web berbasis AR yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan berbagai konsep mengenai planet Bumi, seperti bentuk, lapisan, dan pergerakannya. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa MI Miftahush Shibyan. Melalui uji coba aplikasi AR ini, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai materi Bumi serta meningkatkan minat dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan AR berbasis web efektif dalam memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep planet Bumi, serta dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat MI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ifa Safira, dkk, 2022. The Efectiveness Of Augmented Reality (AR) In Elementaryschool Science Learning Concept. Volumr 4 Issue 3 December 2022, Universitas Bosowa, Makassar.

Rahmania Sri Untari, dkk, 2022. Effect of Augmented Reality (AR) on Problem Solving Ability in 3D Spatial Modeling in Elementary Schools. Procedia Of Social Sciences and Humanities. Proceedings of the 1st SENARA 2022.

Kiki Aryaningrum, dkk, 2022. Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) melalui Aplikasi Assemblr Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Sinergitas PkM dan CSR. Volume 6 Nomor 1 April, 2022. Universitas PGRI Palembang.

Orleans, dkk, 2024. The Advantages Of Educational Card Game About Musical Instruments Based On Augmented Reality For Pre-Teens. Jurnal Seni Rupa. Desain Komunikasi Visual. Universitas Pradita.

Williams Septian Umbas, et al, 2024. Augmented Reality Introduction to Plant Parts for Grade 4 Elementary School Students. Volume 13 Nomor 2 Agustus 2024. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. Sam Ratulangi University Manado.

Yuli Fitrianto, dkk, 2022. Augmented Reality dan Virtual Reality sebagai Media Promosi Sekolah Berbasis Android. Volume 10 Nomor 1 Mei 2022. Universitas Sains dan Teknologi Komputer, Indonesia.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Penerapan Augmented Reality dalam Pembelajaran Visualisasi Planet Bumi bagi Siswa MI Miftahush Shibyan. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 526-531. https://doi.org/10.29407/e04pqz62

Similar Articles

1-10 of 264

You may also start an advanced similarity search for this article.