Pengembangan Game 2D Platformer “Skimo” Sebagai Media Relaksasi Dengan Menggunakan Metode Finite State Machine

Authors

  • Diwa Revido Iqbal Kumara Kumara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Nur Farida Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Patmi Patmi Kasih Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/qsc5vf91

Keywords:

Stress, Finite State Machine, 2D Platformer game

Abstract

 Stress adalah salah satu bagian dari gangguan kesehatan mental yang merupakan respon fisik terhadap tuntutan yang mengganggu kehidupan sehari-hari. tertentu. Stres mempengaruhi emosi, pikiran, dan kondisi seseorang. Jika stres berat, dapat mengganggu kemampuan dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Di zaman sekarang ini di mana tuntutan pekerjaan yang secara tidak langsung mengharuskan perkerja untuk melakukan sesuatu yang melebihi deskripsi pekerjaan membuat para pekerja menanggung tanggung jawab lebih, sehingga beberapa dari pekerja mengemban tugas berat dan melakukan pekerjaan di luar kemampuan mereka sampai beberapa di antaranya mengalami stress. Maka dari itu dibuatlah game untuk mengurangi tingkat stress dengan menyelipkan pembelajaran tentang stress dan cara mengatasinya. Game menggunakan Metode FSM (Finite State Machine)sebagai landasan AI musuh untuk melakukan pergerakan. Dengan genre 2D side Platformer game, dan level yang tidak begitu susah, pekerja bisa melakukan relaksasi dengan bermain game sehingga merasakan rileks dan perasaan yang membaik untuk melanjutkan pekerjaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direja, A. H. A. (2011). Asuhan Keperawatan Jiwa. Nuha Medika: Yogyakarta .

Niedhammer I., Chastang, J. F., Sultan- Taieb, H., Vermeylen, G., & Parent- Thirion, A. (2012). “Psychosocial work

factors and sicknessabsence in 31.

Slvianita, H. (2019, Juni 30). Pengertian Game Beserta Sejarah, Manfaat, serta Jenis-Jenis Game, Lengkap! Retrieved

September 4, 2020,from NESABAMEDIA:https://www.nesabamedia.com/pengertian-game/478

PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS TAHUN 2025, Vol. 4.

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Nusantara PGRI Kediri. e- ISSN: 2828–299X

Kediri, 25 Januari 2025

Andre Gus Asrori, Achmad Youngky Fernando, Alief Fakhrul Rachmad Nuraissa (2023). Pembuatan Game Petualangan

Matematika Menggunakan Algoritma A* Dan Random Number Generator Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan

Sains Tahun 2023, Vol. 2.

Muhammad Khafidh Aulia, Ali Mahmudi, dan Sentot Achmadi. (2021). Penerapan Metode Finite State Machine Pada

Game Pandemic Nightmare Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) Vol. 5 No. 1,

Guido Mau. (2019). Rancang Bangun Game 2d Shooter Platformer Menggunakan Metode Finite State Machine. JATI

(Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) Vol. 3 No. 1.

Baani, M. K. H. A. (2019). Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Pride Of Battle. Jati (Jurnal

Mahasiswa Teknik Informatika), 3(1), 203-210.

Herdiman, Herdiman, Jeanny Pragantha, and Darius Andana Haris. "Pembuatan Game Platformers" Robot Hero" MultiPlatform." Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi 7.2 (2019): 191-195.

Hyan Bening Abimanyu, Sentot Achmadi, dan FX. Ariwibisono (2021). Rancang Bangun Game “War Of Aliens

Wanokuni” Menerapkan Metode Fsm (Finite State Machine). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) Vol. 5 No.

Ikmar, N. (2022, September 13). Literasi kesehatan mental dan dampaknya pada kesehatan jiwa masyarakat. Kementerian

Kesehatan: Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Soebiantoro, J. (2017). Pengaruh edukasi kesehatan mental intensif terhadap stigma pada pengguna layanan kesehatan

mental. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 2(1), 1. https://doi.org/10.20473/jpkm.v2i12017.1-21.

Try Bagas Kurnia, Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti, Rizky Pradana, dan Sejati Waluyo. (2023). Penerapan Metode

Finite State Machine Pada Karakter Musuh Game 2d Petualangan “Gajah Mada Menangkis Ancaman Pemberontakan

Ra Kuti”. SENAFTI (Vol 2, No 1)

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Pengembangan Game 2D Platformer “Skimo” Sebagai Media Relaksasi Dengan Menggunakan Metode Finite State Machine. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 471-478. https://doi.org/10.29407/qsc5vf91

Similar Articles

1-10 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)