Pengembangan Game 2D Platformer “Skimo” Sebagai Media Relaksasi Dengan Menggunakan Metode Finite State Machine
DOI:
https://doi.org/10.29407/qsc5vf91Keywords:
Stress, Finite State Machine, 2D Platformer gameAbstract
Stress adalah salah satu bagian dari gangguan kesehatan mental yang merupakan respon fisik terhadap tuntutan yang mengganggu kehidupan sehari-hari. tertentu. Stres mempengaruhi emosi, pikiran, dan kondisi seseorang. Jika stres berat, dapat mengganggu kemampuan dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Di zaman sekarang ini di mana tuntutan pekerjaan yang secara tidak langsung mengharuskan perkerja untuk melakukan sesuatu yang melebihi deskripsi pekerjaan membuat para pekerja menanggung tanggung jawab lebih, sehingga beberapa dari pekerja mengemban tugas berat dan melakukan pekerjaan di luar kemampuan mereka sampai beberapa di antaranya mengalami stress. Maka dari itu dibuatlah game untuk mengurangi tingkat stress dengan menyelipkan pembelajaran tentang stress dan cara mengatasinya. Game menggunakan Metode FSM (Finite State Machine)sebagai landasan AI musuh untuk melakukan pergerakan. Dengan genre 2D side Platformer game, dan level yang tidak begitu susah, pekerja bisa melakukan relaksasi dengan bermain game sehingga merasakan rileks dan perasaan yang membaik untuk melanjutkan pekerjaan.
Downloads
References
Direja, A. H. A. (2011). Asuhan Keperawatan Jiwa. Nuha Medika: Yogyakarta .
Niedhammer I., Chastang, J. F., Sultan- Taieb, H., Vermeylen, G., & Parent- Thirion, A. (2012). “Psychosocial work
factors and sicknessabsence in 31.
Slvianita, H. (2019, Juni 30). Pengertian Game Beserta Sejarah, Manfaat, serta Jenis-Jenis Game, Lengkap! Retrieved
September 4, 2020,from NESABAMEDIA:https://www.nesabamedia.com/pengertian-game/478
PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS TAHUN 2025, Vol. 4.
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Nusantara PGRI Kediri. e- ISSN: 2828–299X
Kediri, 25 Januari 2025
Andre Gus Asrori, Achmad Youngky Fernando, Alief Fakhrul Rachmad Nuraissa (2023). Pembuatan Game Petualangan
Matematika Menggunakan Algoritma A* Dan Random Number Generator Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan
Sains Tahun 2023, Vol. 2.
Muhammad Khafidh Aulia, Ali Mahmudi, dan Sentot Achmadi. (2021). Penerapan Metode Finite State Machine Pada
Game Pandemic Nightmare Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) Vol. 5 No. 1,
Guido Mau. (2019). Rancang Bangun Game 2d Shooter Platformer Menggunakan Metode Finite State Machine. JATI
(Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) Vol. 3 No. 1.
Baani, M. K. H. A. (2019). Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Pride Of Battle. Jati (Jurnal
Mahasiswa Teknik Informatika), 3(1), 203-210.
Herdiman, Herdiman, Jeanny Pragantha, and Darius Andana Haris. "Pembuatan Game Platformers" Robot Hero" MultiPlatform." Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi 7.2 (2019): 191-195.
Hyan Bening Abimanyu, Sentot Achmadi, dan FX. Ariwibisono (2021). Rancang Bangun Game “War Of Aliens
Wanokuni” Menerapkan Metode Fsm (Finite State Machine). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) Vol. 5 No.
Ikmar, N. (2022, September 13). Literasi kesehatan mental dan dampaknya pada kesehatan jiwa masyarakat. Kementerian
Kesehatan: Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.
Soebiantoro, J. (2017). Pengaruh edukasi kesehatan mental intensif terhadap stigma pada pengguna layanan kesehatan
mental. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 2(1), 1. https://doi.org/10.20473/jpkm.v2i12017.1-21.
Try Bagas Kurnia, Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti, Rizky Pradana, dan Sejati Waluyo. (2023). Penerapan Metode
Finite State Machine Pada Karakter Musuh Game 2d Petualangan “Gajah Mada Menangkis Ancaman Pemberontakan
Ra Kuti”. SENAFTI (Vol 2, No 1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diwa Revido Iqbal Kumara Kumara, Intan Nur Farida, Patmi Patmi Kasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





