Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Di Toko Handphone Rejo Cell Tuban
DOI:
https://doi.org/10.29407/stains.v1i1.1518Keywords:
CRM, Pelayanan, Pelanggan, Penjualan, OnlineAbstract
Toko Rejo Cell merupakan tempat menjual Handphone beserta aksesoris yang mefokuskan pada pelayanan dan kualitas barang yang dijual sangat terjangkau dengan baik. Sulitnya pelanggan mana yang cocok untuk mengetahui produk yang diinginkannya. Hal tesebut menyebabkan semakin menurunnya target penjualan yang ada ditoko tesebut, penelitian ini dilakukan untuk merancang sebuah jaringan antara toko dengan user lebih efektif dan efisien. CRM (Customer Relationship Management) dapat membantu toko untuk membangun kedekatan dengan user dan admin toko dapat menyimpan data user dengan mudah. Dengan membangun sebuah website ini akan dibantu dengan pengembangan system BPMN (Business Process Modeling Notation), Diagaram kontex, DFD(Data Flow Diagram) dan alat perancangan database menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram). Sedangkan pembuatan perangkat lunak membutuhkan PHP, MYSQL, dan Notepad++. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan penjualan website dapat membantu pelanggan dalam mengakses infromasi mengenai produk yang dijual dan dalam melakukan pemesanan produk, dan toko dapat dapat membangun suatu jaringan kedekatan antar user dengan meningkatkan proses penjualan menjadi lebih efektif dan efisien.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dianita Rahayu, Andik Adi Suryanto, Alfian Nurlifa, Asfan Muqtadir, Miftahurrohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





