Evaluasi Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Desa Menggunakan Pendekatan User Persona dan User Journey Map
DOI:
https://doi.org/10.29407/stains.v2i1.2901Keywords:
Administrasi, User Persona, User Journey MapAbstract
Dalam upaya mempermudah pelayanan administrasi desa yang berbasis digital pemerintah desa bingangun telah menyediakan APMD ( Anjungan Pelayanan Mandiri Desa ) dalam bentuk website. Berdasarkan hasil wawancara dengan admin dan warga desa Binangun yang sudah menggunakan APMD dengan pendekatan menggunakan user persona dan user journey map serta didukung hasil penyebaran kuesioner berdasarkan metode System Usability Scale (SUS) terhadap diketahui tingkat website APMD memiliki rating “Good” dengan skor 61.5. Dari hasil tersebut maka dilakukan evaluasi dan perancangan tampilan website baru untuk meningkatkan usability dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD). Proses perancangan desain menggunakan wireframe dan menghasilkan prototype. Evaluasi awal dan akhir menggunakan system usability scale dengan penghitungan SUS score, Hasil perancangan tersebut kemudian dilakukan evaluasi akhir untuk mengetahui peningkatan website usability dengan hasil rata-rata SUS score 75,25 dengan rating “Excellent” yang artinya tampilan website sudah lebih baik dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nur Hikmah, Andy Haryoko, Alfian Nurlifa; Aditya Putra Pamungkas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License