Sistem Penentuan Dosis Kebutuhan Pupuk Nitrogen Berdasarkan Warna Daun Pada Tanaman Padi Berbasis Iot (Internet Of Things)

Authors

  • Ahmad Abdul Amin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Fitroh Amaluddin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andy Haryoko Universitas PGRI Ronggolawe
  • Miftahurrohman Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.29407/stains.v2i1.2902

Keywords:

BWD, Sensor TCS3200

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong perubahan cara pengambilan keputusan. Dalam hal penghentian pemberian pupuk urea, petani masih mengandalkan pengamatan BWD. Dalam penelitian ini menggunakan metode RnD dengan cara mengamati secara langsung lokasi penelitian di kelompok tani Buana makmur desa brengkok kabupaten lamongan dan menganalisa permasalahan kemudian membuat prototype. Pada penelitian ini dibuat sebuah alat menggunakan NodeMCU dengan sensor TCS3200 untuk mendeteksi warna, yang kemudian dikirimkan melalui internet ke database yang berbasis teknologi IoT. Pada penelitian ini menggunakan beberapa percobaan dengan parameter penggunaan pupuk urea yang berbeda dan hasil dari sensor TCS3200 dapat mendeteksi warna sesuai dengan yang ada pada BWD dan mengirimkan data ke database melalui internet. Pada sistem ini petani dapat merekomendasikan penggunaan pupuk urea yang sesuai diluar area tertentu sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam pengamatan pada BWD, hal ini akan menjadikan penggunaan pupuk urea menjadi dosis yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Amin, A. A., Amaluddin, F., Haryoko , A. ., & Miftahurrohman. (2023). Sistem Penentuan Dosis Kebutuhan Pupuk Nitrogen Berdasarkan Warna Daun Pada Tanaman Padi Berbasis Iot (Internet Of Things). Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 2(1), 396–404. https://doi.org/10.29407/stains.v2i1.2902