Rancangan Sistem Tata Laksana Kependudukan Pada Kelurahan Warujayeng

Authors

  • Ainun Usnaini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yuniswatin Nahdiyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Duwita Yuli Harsasi Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4277

Keywords:

administrasi , kependudukan, pelayanan publik, sistem informasi

Abstract

roses tata laksana atau pengurusan pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Warujayeng masih dilakukan secara manual. Pelayanan yang dilakukan secara manual tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu proses yang dilakukan tentunya akan semakin rumit sertanya keluhan dari masyarakat. Kemungkinan terjadinya kehilangan file dokumen juga besar, sehingga menyulitkan para petugas dalam melaksanakan tugasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan membuat sebuah sistem yang digunakan untuk membantu dalam melakukan pengurusan administrasi bagi masyarakat agar menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih dibuatlah sebuah sistem yang berbasis website dan sistem dirancang agar mudah digunakan oleh masyarakat. Penggunaan database untuk menyimpan data agar tidak hilang dan tersimpan dengan baik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang mempermudah dalam pelayanan administrasi kependudukan dan keluaran yang dihasilkan dari sistem berupa surat yang dapat diunduh dalam bentuk file pdf.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. Y. H. Noer Azni Septiani, "Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), pp. 341-349, 2022.

D. Kristanto and Y. Findawati, "Perancangan dan Analisis Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Sebagai Pengembangan E-Government Di Kecamatan Krembung," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, pp. 1693-1703, 2022.

Sumarni, "Implementasi Program Pembuatan Akta Kematian di Desa Prikuku Kecamatan Prikuku Kabupaten Pacitan dari Kacamata Komunikasi, Komitemen, Sumber Daya dan Struktur Birokrasi.," PANCANAKA Jurnal Kependudukan, Keluarga, Dan Sumber Daya Manusia, vol. 3, no. 2, pp. 89-96, 2022.

M. V. Al Hasri and E. Sudarmilah, "Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran.," Matrik: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika, dan Rekayasa Komputer. , vol. 20, no. 2, pp. 2476-9843, 2021.

N. Khaerunnisa and Noviyati, "Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web Studi Kasus Desa Sidakangen Purbalingga," Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), pp. 25-33, 2020.

L. Tarifu, "Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Kendari," Journal Publicuho, pp. 233-246, 2020.

A. A. Wahid, "Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem," Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, pp. 1-5, 2020.

B. K. Wicaksono, H. Setiyawan and T. Setyadji, "Perancangan Sistem Informasi Bansos Tracer Berbasis Web Dan Aplikasi Berbasis Android," PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN SAINS, vol. 1, no. 1, pp. 279-286, 2022.

A. C. Prof. Dr. Sri Mulyani, Metode Analisis dan Perancangan Sistem, Indonesia: Abdi Sistematika, 2017.

A. Afif and A. A. Suryanto, "Sistem Informasi Pengelolaan Data Alumni Dan Tracer Study Pada SMK Negeri 1 Brondong.," Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains., vol. 1, pp. 76-82, 2022.

W. P. Mustika, J. T. Kumalasari, Y. Fitriani and A. Abdurihim, "Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIASIK) Pada Kelurahan Berbasis Web.," Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI)., vol. 5, no. 1, pp. 2548-9771, 2021.

E. Triandini and I. G. Suardika, Step By Step Desain Proyek Menggunakan UML, Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET, 2012.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Usnaini, A., Nahdiyah, Y., & Harsasi, D. Y. (2024). Rancangan Sistem Tata Laksana Kependudukan Pada Kelurahan Warujayeng. Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 3(1), 221–228. https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4277