Implementasi NLIDB Pada Chatbot CV Owlsoft Media

Authors

  • Ilham Ainur Rohman Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Daniel Swanjaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ardi Sanjaya Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4324

Keywords:

Chatbot, NLIDB, NLP, Fuzzy String Matching

Abstract

Layanan pelanggan merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam perusahaan, CV. Owlsoft Media saat ini mengandalkan tenaga manusia dalam menjawab pertanyaan dari pelanggan, hal ini merupakan sebuah hambatan bagi perusahaan karena manusia memiliki keterbatasan tenaga serta waktu, sehingga ketika banyak pertanyan yang diajukan, layanan konsumen cenderung lebih lambat dalam melakukan pelayanan. Untuk meningkatkan efisiensi, penelitian ini memfokuskan pada penerapan chatbot dengan Natural Language Interface for Database (NLIDB) dan metode Fuzzy String Matching. Tujuannya adalah menggantikan interaksi manusia dengan sistem otomatis untuk meningkatkan responsivitas dan kualitas layanan pelanggan. Dengan mengintegrasikan NLIDB, chatbot diharapkan dapat lebih banyak memahami pertanyaan dengan lebih akurat, sementara Fuzzy String Matching meningkatkan kemampuan pencarian informasi yang kontekstual diharapkan dapat mencocokan kalimat yang dikirim dengan kata kunci pada database lebih dari 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Rosmalasari, T.D., Lestari, M.A., Dewantoro, F., Russel, E. 2020. Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal of Social and Technology for Community Service (JSTCS) Vol 1 Nomor 1.

. Isa Mulyadi, A., & Zuhri, S. 2020. Analisis Strategi Brand Image Kedai Kopi “MOENG KOPI” Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 10 Nomor 2.

. Astiti, N. P. Y., & Ningsih, K. T. W. 2021. PENINGKATAN PENGETAHUAN CUSTOMER SERVICE OPERATOR DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA KONSUMEN. Jurnal Dharma Jnana, Vol 1 Nomor 1.

. Rohman, I. A., Aqharabah, B. H., & Solekan, R. 2023. Chatbot Untuk Cek Persediaan Stok Barang Menggunakan Metode Fuzzy String Matching Berbasis Mobile. STAINS (SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI & SAINS), Vol 2 Nomor 1.

. Fauzy, Marwan Noor Dan Kusrini. 2019. Chatbot Menggunakan Metode Fuzzy String Matching Sebagai Virtual Assistant Pada Pusat Layanan Informasi Akademik. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta Vol. 5 Nomor 1.

. Friadi, Ricky. 2020. Implementasi Metode Fuzzy String Matching Dalam Pengembangan Chatbot Pada Portal Web Kukerta Universitas Riau. Repository University Riau. https://repositoryunri.ac.id.

. Rane, Shripad Pramod Dan Akanksha, K. 2022. Natural Language Interfaces to Database (NLIDB). International Journal of Innovative Science and Research Technology Vol 7 Nomor 11.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Rohman, I. A., Swanjaya, D., & Sanjaya, A. (2024). Implementasi NLIDB Pada Chatbot CV Owlsoft Media. Seminar Nasional Teknologi &Amp; Sains, 3(1), 304–309. https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4324