Implementasi NLIDB Pada Chatbot CV Owlsoft Media
DOI:
https://doi.org/10.29407/stains.v3i1.4324Keywords:
Chatbot, NLIDB, NLP, Fuzzy String MatchingAbstract
Layanan pelanggan merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam perusahaan, CV. Owlsoft Media saat ini mengandalkan tenaga manusia dalam menjawab pertanyaan dari pelanggan, hal ini merupakan sebuah hambatan bagi perusahaan karena manusia memiliki keterbatasan tenaga serta waktu, sehingga ketika banyak pertanyan yang diajukan, layanan konsumen cenderung lebih lambat dalam melakukan pelayanan. Untuk meningkatkan efisiensi, penelitian ini memfokuskan pada penerapan chatbot dengan Natural Language Interface for Database (NLIDB) dan metode Fuzzy String Matching. Tujuannya adalah menggantikan interaksi manusia dengan sistem otomatis untuk meningkatkan responsivitas dan kualitas layanan pelanggan. Dengan mengintegrasikan NLIDB, chatbot diharapkan dapat lebih banyak memahami pertanyaan dengan lebih akurat, sementara Fuzzy String Matching meningkatkan kemampuan pencarian informasi yang kontekstual diharapkan dapat mencocokan kalimat yang dikirim dengan kata kunci pada database lebih dari 80%.
Downloads
References
. Rosmalasari, T.D., Lestari, M.A., Dewantoro, F., Russel, E. 2020. Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung. Journal of Social and Technology for Community Service (JSTCS) Vol 1 Nomor 1.
. Isa Mulyadi, A., & Zuhri, S. 2020. Analisis Strategi Brand Image Kedai Kopi “MOENG KOPI” Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 10 Nomor 2.
. Astiti, N. P. Y., & Ningsih, K. T. W. 2021. PENINGKATAN PENGETAHUAN CUSTOMER SERVICE OPERATOR DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA KONSUMEN. Jurnal Dharma Jnana, Vol 1 Nomor 1.
. Rohman, I. A., Aqharabah, B. H., & Solekan, R. 2023. Chatbot Untuk Cek Persediaan Stok Barang Menggunakan Metode Fuzzy String Matching Berbasis Mobile. STAINS (SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI & SAINS), Vol 2 Nomor 1.
. Fauzy, Marwan Noor Dan Kusrini. 2019. Chatbot Menggunakan Metode Fuzzy String Matching Sebagai Virtual Assistant Pada Pusat Layanan Informasi Akademik. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta Vol. 5 Nomor 1.
. Friadi, Ricky. 2020. Implementasi Metode Fuzzy String Matching Dalam Pengembangan Chatbot Pada Portal Web Kukerta Universitas Riau. Repository University Riau. https://repositoryunri.ac.id.
. Rane, Shripad Pramod Dan Akanksha, K. 2022. Natural Language Interfaces to Database (NLIDB). International Journal of Innovative Science and Research Technology Vol 7 Nomor 11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilham Ainur Rohman, Daniel Swanjaya, Ardi Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





