Pemanfaatan Teknologi Chatbot pada E-Commerce untuk Mendukung Pemasaran dan Penjualan Kerupuk Emplek-Emplek

Authors

  • Moh.Taufik Hidayat Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zahra Faadihillah Wahid Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muchamad Gilang Nauri Rahardian Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/d051rz21

Keywords:

E-commerce, Chatbot, Kerupuk emplek-emplek, UMKM, pemasaran digital

Abstract

Dengan munculnya e-commerce, bisnis sekarang dapat menjual barang dan layanan secara online dengan bantuan chatbot dan teknologi kecerdasan buatan (AI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan, membuat, dan menerapkan teknologi chatbot pada platform e-commerce untuk membantu pemasaran dan penjualan produk tradisional Kediri, kerupuk Emplek-emplek. Banyak pengusaha belum menggunakan teknologi digital sepenuhnya meskipun pasar kerupuk memiliki potensi yang besar. Analisis kebutuhan sistem, perancangan arsitektur sistem, tinjauan literatur, dan implementasi sistem dengan menggunakan pendekatan sistematik adalah semua topik penelitian ini. Chatbot meningkatkan efisiensi operasi dan kepuasan pelanggan serta berfungsi sebagai alat pemasaran yang efektif, menurut penelitian. Chatbot beroperasi 24 jam sehari untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan kesadaran merk di seluruh dunia. Hasil dari penelitian ini bahwa chatbot di platform e-commerce dapat membantu UMKM meningkatkan daya saing produk tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika Isma, R. Rosidah, Sigit Sahalik Rahman, N. Nasrullah, Arif Setiawan Syam, and Novita Sari, “Analisis Penggunaan Chatbot Berbasis AI pada Model Hybrid di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,” J. Vocat. Informatics Comput. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 79–92, 2023, doi: 10.61220/voice.v1i2.20239.

M. As-syiva Humayra and M. Nasution Padli Irwan, “Analisis Peran Chatbot Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen di E-Commerce,” Kohesi J. Sains dan Teknol., vol. 01, no. 11, pp. 71–80, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi/article/view/1160

M. Kanojiya, S. Chothani, N. Gosalia, and M. Surve, “Ecommerce Chatbot (Online Shopping App),” SSRN Electron. J., 2021, doi: 10.2139/ssrn.3853533.

Z. Rusdi, S. S. Kobalen, F. Fernando, A. R. Maulana, and R. A. Vardha, “Pengembangan Aplikasi Chatbot Pemesanan Rizqy Katering,” Pros. Serina, vol. 2, no. 1, pp. 1686–1696, 2022.

Regina Sari Fitriansyah, Syarfina Roza Triana, and Yolanda Masnita, “Peran Moderasi Pengungkapan Chatbot Menggunakan Konteks E-Commerce Terahadap Kepercayaan Pada Chatbot,” J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 4, pp. 785–798, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat

A. Dena Rifky Ramadhani, M. Surya Birawa, D. Siti Sholikah, and R. Mohamad Akbar Ario Hanung Prabandanu, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Berbasis ChatbotTerhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Transaksi OnlineDengan Objek Aplikasi Shopee,” J. Explor. Dyn. Probl., vol. 1, pp. 104–115, 2024.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Pemanfaatan Teknologi Chatbot pada E-Commerce untuk Mendukung Pemasaran dan Penjualan Kerupuk Emplek-Emplek. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 208-213. https://doi.org/10.29407/d051rz21

Similar Articles

1-10 of 51

You may also start an advanced similarity search for this article.