Pemanfaatan Teknologi Chatbot pada E-Commerce untuk Mendukung Pemasaran dan Penjualan Kerupuk Emplek-Emplek
DOI:
https://doi.org/10.29407/d051rz21Keywords:
E-commerce, Chatbot, Kerupuk emplek-emplek, UMKM, pemasaran digitalAbstract
Dengan munculnya e-commerce, bisnis sekarang dapat menjual barang dan layanan secara online dengan bantuan chatbot dan teknologi kecerdasan buatan (AI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan, membuat, dan menerapkan teknologi chatbot pada platform e-commerce untuk membantu pemasaran dan penjualan produk tradisional Kediri, kerupuk Emplek-emplek. Banyak pengusaha belum menggunakan teknologi digital sepenuhnya meskipun pasar kerupuk memiliki potensi yang besar. Analisis kebutuhan sistem, perancangan arsitektur sistem, tinjauan literatur, dan implementasi sistem dengan menggunakan pendekatan sistematik adalah semua topik penelitian ini. Chatbot meningkatkan efisiensi operasi dan kepuasan pelanggan serta berfungsi sebagai alat pemasaran yang efektif, menurut penelitian. Chatbot beroperasi 24 jam sehari untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan kesadaran merk di seluruh dunia. Hasil dari penelitian ini bahwa chatbot di platform e-commerce dapat membantu UMKM meningkatkan daya saing produk tradisional.
Downloads
References
Andika Isma, R. Rosidah, Sigit Sahalik Rahman, N. Nasrullah, Arif Setiawan Syam, and Novita Sari, “Analisis Penggunaan Chatbot Berbasis AI pada Model Hybrid di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,” J. Vocat. Informatics Comput. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 79–92, 2023, doi: 10.61220/voice.v1i2.20239.
M. As-syiva Humayra and M. Nasution Padli Irwan, “Analisis Peran Chatbot Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen di E-Commerce,” Kohesi J. Sains dan Teknol., vol. 01, no. 11, pp. 71–80, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi/article/view/1160
M. Kanojiya, S. Chothani, N. Gosalia, and M. Surve, “Ecommerce Chatbot (Online Shopping App),” SSRN Electron. J., 2021, doi: 10.2139/ssrn.3853533.
Z. Rusdi, S. S. Kobalen, F. Fernando, A. R. Maulana, and R. A. Vardha, “Pengembangan Aplikasi Chatbot Pemesanan Rizqy Katering,” Pros. Serina, vol. 2, no. 1, pp. 1686–1696, 2022.
Regina Sari Fitriansyah, Syarfina Roza Triana, and Yolanda Masnita, “Peran Moderasi Pengungkapan Chatbot Menggunakan Konteks E-Commerce Terahadap Kepercayaan Pada Chatbot,” J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 4, pp. 785–798, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat
A. Dena Rifky Ramadhani, M. Surya Birawa, D. Siti Sholikah, and R. Mohamad Akbar Ario Hanung Prabandanu, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Berbasis ChatbotTerhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Transaksi OnlineDengan Objek Aplikasi Shopee,” J. Explor. Dyn. Probl., vol. 1, pp. 104–115, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh.Taufik Hidayat, Zahra Faadihillah Wahid, Muchamad Gilang Nauri Rahardian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





