SMART MSME’s sebagai Sarana Pemberdayaan UMKM
DOI:
https://doi.org/10.29407/ajvqgz11Keywords:
pemberdayaan UMKM, SMART MSME’s, transformasi digitalAbstract
Micro, Small, Medium Enterprise (MSME’s) atau yang biasa disebut dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Namun banyak pelaku UMKM, terutama di pedesaan, yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses pasar digital dan bersaing di tengah pesatnya transformasi digital. Proyek ini mengembangkan SMART MSME’s, sebuah platform yang bertujuan untuk mengintegrasikan e-commerce dengan fungsi media sosial pemberdaya UMKM. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi SMART MSME berbasis mobile dengan beberapa fitur utama seperti profil UMKM yang komprehensif, pencarian berdasarkan lokasi dan kategori, serta fitur rekomendasi. Pengujian sistem menghasilkan nilai RMSE yang rendah dimana ini menunjukkan bahwa rekomendasi yang dihasilkan sudah relevan dengan preferensi pengguna.
Downloads
References
Putri Salsabila Indrawan Lubis and Rofila Salsabila, “Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia,” MUQADDIMAH J. Ekon. Manajemen, Akunt. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 91–110, 2024, doi: 10.59246/muqaddimah.v2i2.716.
D. Juwita and A. N. Handayani, “Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku Ekonomi di Era Society 5.0,” J. Inov. Teknol. dan Edukasi Tek., vol. 2, no. 5, pp. 249–255, 2022, doi: 10.17977/um068v2i52022p249-255.
E. O. Viana, M. Y. Ilham, and ..., “Sistem Informasi Smart City Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Kediri Berbasis Android,” … Teknol. Sains …, vol. 1, pp. 213–221, 2022, [Online].
S. Vinatra, A. Bisnis, U. Veteran, and J. Timur, “Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat,” J. Akuntan Publik, vol. 1, no. 3, pp. 1–08, 2023, doi: 10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832.
R. R. Bakrie, S. Atikah Suri, Nabila, A. Sahara, V. H Pratama, and Firmansyah, “Pengaruh Kreativitas UMKM Serta Kontribusinya Di Era Digitalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 82–88, 2024, doi: 10.55049/jeb.v16i2.308.
J. Beno, A. . Silen, and M. Yanti, “Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing di Kabupaten Buleleng,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.
A. Tarmizi, Strategi Pemasaran Umkm, vol. 3, no. 2. 2018. doi: 10.36226/jrmb.v3i2.107.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Davin Zainur Robert, Novia Amanda, Dya Ayu Suciningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





