SMART MSME’s sebagai Sarana Pemberdayaan UMKM

Authors

  • Davin Zainur Robert Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novia Amanda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dya Ayu Suciningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/ajvqgz11

Keywords:

pemberdayaan UMKM, SMART MSME’s, transformasi digital

Abstract

 Micro, Small, Medium Enterprise (MSME’s) atau yang biasa disebut dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Namun banyak pelaku UMKM, terutama di pedesaan, yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses pasar digital dan bersaing di tengah pesatnya transformasi digital. Proyek ini mengembangkan SMART MSME’s, sebuah platform yang bertujuan untuk mengintegrasikan e-commerce dengan fungsi media sosial pemberdaya UMKM. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi SMART MSME berbasis mobile dengan beberapa fitur utama seperti profil UMKM yang komprehensif, pencarian berdasarkan lokasi dan kategori, serta fitur rekomendasi. Pengujian sistem menghasilkan nilai RMSE yang rendah dimana ini menunjukkan bahwa rekomendasi yang dihasilkan sudah relevan dengan preferensi pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putri Salsabila Indrawan Lubis and Rofila Salsabila, “Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia,” MUQADDIMAH J. Ekon. Manajemen, Akunt. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 91–110, 2024, doi: 10.59246/muqaddimah.v2i2.716.

D. Juwita and A. N. Handayani, “Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku Ekonomi di Era Society 5.0,” J. Inov. Teknol. dan Edukasi Tek., vol. 2, no. 5, pp. 249–255, 2022, doi: 10.17977/um068v2i52022p249-255.

E. O. Viana, M. Y. Ilham, and ..., “Sistem Informasi Smart City Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Kediri Berbasis Android,” … Teknol. Sains …, vol. 1, pp. 213–221, 2022, [Online].

S. Vinatra, A. Bisnis, U. Veteran, and J. Timur, “Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat,” J. Akuntan Publik, vol. 1, no. 3, pp. 1–08, 2023, doi: 10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832.

R. R. Bakrie, S. Atikah Suri, Nabila, A. Sahara, V. H Pratama, and Firmansyah, “Pengaruh Kreativitas UMKM Serta Kontribusinya Di Era Digitalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 82–88, 2024, doi: 10.55049/jeb.v16i2.308.

J. Beno, A. . Silen, and M. Yanti, “Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing di Kabupaten Buleleng,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.

A. Tarmizi, Strategi Pemasaran Umkm, vol. 3, no. 2. 2018. doi: 10.36226/jrmb.v3i2.107.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

SMART MSME’s sebagai Sarana Pemberdayaan UMKM. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 457-463. https://doi.org/10.29407/ajvqgz11

Similar Articles

1-10 of 70

You may also start an advanced similarity search for this article.