PENGARUH RATING, PROMOSI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK DAVIENA SKINCARE
DOI:
https://doi.org/10.29407/n216cr83Keywords:
Rating, Promosi, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer rating, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Daviena Skincare melalui TikTok Live. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dengan teknik purposive sampling terhadap 78 responden perempuan usia 18–25 tahun. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan online customer rating tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara simultan, ketiga variabel berkontribusi sebesar 81,3% terhadap keputusan pembelian. Kebaruan penelitian ini terletak pada konteks live commerce TikTok, yang menunjukkan bahwa interaktivitas dan strategi visual lebih memengaruhi konsumen dibandingkan ulasan tertulis. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pelaku usaha perlu mengoptimalkan strategi harga dan promosi yang terintegrasi dengan pendekatan live interaktif untuk meningkatkan efektivitas pemasaran digital.
References
[1] M NS, Andriana AN. Pengaruh Online Customer Review, Content Marketing Dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Platform Tiktok Shop. J Ilm Manajemen, Ekon Akunt 2023;7:1205–26. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3510.
[2] MS NA, Sakti DPB, Mulyono LEH. Pengaruh Viral Marketing Dan Online Customer Review Menggunakan Media Tiktok Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whittening. Unram Manag Rev 2022;2:181–91. https://doi.org/10.29303/ju.v2i2.258.
[3] Latief F, Ayustira N. Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla. J Mirai Manag 2020;6:139–54.
[4] Saputri NP, Maya S. Pengaruh Media Promosi Tiktok Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Di Tiktok Shop. J Fundam Manag 2024;4:1. https://doi.org/10.22441/jfm.v4i1.23161.
[5] Mendur MEM, Tawas HN, Arie FV. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. J Emba 2021;9:1079.
[6] Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. 2019.
[7] Hariyanto HT, Trisunarno L. Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee Halila. Proc 6th Int Work Multimed Data Mining, MDM ’05 Min Integr Media Complex Data 2020;9:71–8. https://doi.org/10.1145/1133890.1133898.
[8] Noviani SR, Siswanto T. Pengaruh Online Consumer Review, Rating, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Milenial Marketplace Shopee Di Jakarta Selatan. J Inov Manaj Bisnis 2022;1:17–28.
[9] Rarung J, Lumanauw B, Mandagie Y. Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Customer Trust Terhadap Customer Purchase Decision Fcoffe & Roastery Manado. J EMBA 2022;10:891–9.
[10] Sri Wdyanti Hastuti MA, Anasrulloh M. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. J Ilm Ecobuss 2020;8:99–102. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.622.
[11] Pinasty WA, Habib MAF. Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2019-2022. TRILOGI J Ilmu Teknol Kesehatan, Dan Hum 2024;5:9–19. https://doi.org/10.33650/trilogi.v5i1.7299.
[12] Ilmiyah K, Krishernawan I. Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Mak J Manaj 2020;6:31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143.
[13] Sulistyono. Manajemen pemasaran: Definisi Manajemen Pemasaran. 2020.
[14] Sugiyono. METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2nd ed. Bandung: Alfabeta; 2022.
[15] Komariyah DI. Pengaruh Online Customer Riview dan Rating Terhadap Minat Pembelian Online Shopee (Studi Kasus Pada Santri Putri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang). BIMA J Bus Innov Manag 2022;4:343–58. https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.5551.
[16] Putri DPE, Rismawati DA, Lestari MS, Pravitasari N, Saputri P, Wahyudi R, et al. Pengaruh Harga, Promosi, Ulasan Produk, Dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace TikTok Shop. Acad J Multidiscip Stud 2023;7:67—92.
[17] Kalangi NJ, Tamengkel LF, Walangitan OFC. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. J Adm Bisnis 2019;8:44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54.
[18] Marpaung IR, Lubis FA. Pengaruh Iklan, Sistem COD, dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada TikTokShop (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Sumatera Utara). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilm Manaj Bisnis Dan Inov Univ Sam Ratulangi) 2022;9:1477–91. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44292.
[19] Pramesti G. Statistika Lengkap secara Teori dan Aplikasi dengan SPSS 23. Elex Media Komputindo; 2016.
[20] Cesariana C, Juliansyah F, Fitriyani R. Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. J Manaj Pendidik Dan Ilmu Sos 2022;3:211–24.
[21] Lenggihunusa AY, Sanadi E, Raharja SJ, Auliana L, Hakim MA. Analisis Penggunaan Live Shopping Tiktok Dalam Mendorong Minat Beli Konsumen Skintific. J Lentera Bisnis 2024;13:359. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.995.
[22] Ilmiah J, Ilmu M, Haryati R, Bisnis A. ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE GENERASI Z 2024;18.
[23] E-wom P, Label K, Kredibilitas DAN, Putri SR. INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN STUDI KASUS PADA INDUSTRI KOSMETIK DAN LABEL “ TASYA FARASYA APPROVED ” n.d.:511–24.
[24] Nurrahma A, Samari, Sardanto R. PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV NAGHA ASMARA. Simp Simp Manaj Dan Bisnis II 2023;2:151–9. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/vh84h240.
[25] Sudirjo F, Wahyuningsih D, Wijayanto G, Wahyono D. Teori Perilaku Konsumene & Strategi Pemasaran. vol. 11. 2024.
[26] Meviyawati NA, Samari, Sardanto R. PENGARUH E-WOM, HARGA, DAN KUALITAS PROUK TERHADAP MINAT BELI THE ORIGINOTE HYALUCER MOISTURIZER PADA GEN Z DI KAB. NGANJUK. SIMANIS Simp Manaj Dan Bisnis III 2024;3:471–80. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/be1c4t82.
[27] Amelia R, Andrian A, Sumantyo FDS. Dampak Store Atmosphere, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sociolla Di Summarecon Mall Bekasi. J Econ 2023;2:2482–501. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.828.
[28] Riskitasari DR, Sardanto R. ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, TINGKAT KUALITAS PRODUK, DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA UMKM NIKY COKLAT. SIMANIS Simp Manaj Dan Bisnis III 2023;2:693–701. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/54wpd733.
[29] Hamdat A. Buku Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Manajemen Dan Strategi Pemasaran Dalam Bisnis. 2020.
[30] Liansari DN, Samari, Sardanto R. PENGARUH KUALITAS PRODUK KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO AN NUR. SENMEA Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akutansi 2022;7:539. https://doi.org/https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2031/1752.
[31] Nuraeni YS, Irawati D. Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi). Procur J Ilm Manaj 2021;9:439–50. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1704.
[32] Christina O, Samari, Sardanto R. ANALISIS STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO KAKI EMPAT PETCARE. SENMA (Seminar Nas Manajemen, Ekon Dan Akuntasi Fak Ekon Dan Bisnis UNP Kediri)) 2022;7:295–302. https://doi.org/https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/2173.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selfia Dwi Aprilika, Rino Sardanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
