PENGARUH INOVASI PRODUK, VARIASI PRODUK, DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN UMKM ELHA BABY
Keywords:
Inovasi, Variasi, Strategi Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah inovasi, variasi dan strategi promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pendekatan penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif kausalitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Elha Baby dengan teknik sampling menggunakan simple random dan ditentukan sebanyak 35 sampel. Instrumen menggunakan angket yang skornya itu di uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis mengunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasilnya variabel inovasi, variasi dan strategi promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian Elha Baby. Secara persial, harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hanya variasi produk , dan strategi promosi yang berpengaruh positif terhadap keputusan pembelianpenelitian selanjutnya sebaiknya memperluas variabel penelitian, hal ini diusulkan karena telah terbukti bahwa inovasi produk, variasi produk dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian memiliki dampak sebesar 56,1% terhadap keputusan pembelian.