PENGARUH BRAND IMAGE, UGC DAN E-WOM DI TIKTOK TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SOMETHINC

Authors

  • Anggi Tri Wulandari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Subagyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Wahyu Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/wzf4zj41

Keywords:

Brand Image, UGC, E-WOM, Purchase Intention, TikTok, Somethinc

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menganalisis pengaruh brand image, User generated content (UGC), dan electronic word of mouth (E-WOM) TikTok pada purchase intention produk Somethinc. Metode yang dipakai ialah pendekatan kuantitatif melalui metode asosiatif, analisis dijalankan dengan uji asumsi, uji hipotesis, dan regresi linier berganda memakai SPSS 25. Sampel penelitian terdiri dari 77 mahasiswa Prodi Manajemen angkatan 2021 Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2021. Dari hasil penelitian menunjukkan brand image tidak berdampak yang signifikan, sedangkan UGC dan E-WOM berdampak signifikan dan positif pada purchase intention, kebaruan penelitian berikut terletak pada integrasi ketiga variabel dalam satu model analisis secara simultan dan penekanan pada peran TikTok sebagai media pemasaran digital yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen generasi muda.

References

[1] Beauty & Personal Care Indonesia. Statista 2025.

[2] Monica K. Tren Skincare 2025: Antara Viral, Ilmiah, dan Dompet Menjerit Tren Skincare 2025: Antara Viral, Ilmiah, dan Dompet Menjerit Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Tren Skincare 2025: Antara Viral, Ilmiah, dan Dompet Menjerit.” kompasiana 2025.

[3] Compas. 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Compas.co.id 2022.

[4] Wafiyah F, Wusko AU. Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Terhadap Purchase Intention Dan Purchase Decision Pada Pembeli Produk Nyrtea Di Instagram. J Ekon Bisnis dan Manaj 2023;2:194. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i3.1278.

[5] Novaldy B, Widodo MW. Analisis Wom, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Rendy 2024.

[6] Kusuma LM, Wipudiari MB, Enshito KSR, Jahja AS. PENGARUH INFLUENCER, USER GENERATED CONTENT, BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SKINTIFIC DI MEDIA SOSIAL TIKTOK 2023.

[7] Sikteubun MR, Dirgantara IMB, Nurdianasar R. Analisis pengaruh brand image, preceived price, dan preceived value terhadap purchase intentions pada produk private label. Diponegoro J Manag 2022;11:1–12.

[8] Dila Khoirin anisa, Novi Marlena. Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Pada Aplikasi Tik-Tok Terhadap Purchase Intention Produk Fashion. J Sinar Manaj 2022;9:207–18. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2610.

[9] Anisa DK, Marlena N. Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Pada Aplikasi Tik-Tok Terhadap Purchase Intention Produk Fashion. J Sinar Manaj 2022;9:207–18. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2610.

[10] Hayat MA, Hermawan A, Nuryadin A. Pengaruh Social Media Marketing Dan User Generated Content (Ugc) Terhadap Purchase Decision Produk Luxcrime Pada Generasi Z Di Tiktok. J Inf Syst Manag Digit Business(JISMDB) 2024;2:40–9.

[11] Jha B. The role of social media communication: Empirical study of online purchase intention of financial products. Glob Bus Rev 2019;20 (3):1445–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1177/0972150919848912.

[12] Rohman MUT, Respati NNR. Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Ekon dan Bisnis Univ Udayana 2023;12:1761. https://doi.org/10.24843/eeb.2023.v12.i09.p08.

[13] Kulsumaningtyas S, Wiwoho G. Pengaruh Brand Image,Product Knowledge, dan Perceived Quality Terhadap Purchase Intention Produk Hanasui Mattedorable Lip Cream. J Ilm Mhs Manajemen, Bisnis dan Akunt 2023;5:268–77. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i3.454.

[14] Safitri I, Indra N. Pengaruh Harga dan E-WOM ( Electronic Word Of Mouth ) Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific. Pus Publ Ilmu Manaj 2024;2:193–206. https://doi.org/https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i3.449.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Wulandari, A. T., Subagyo, & Widodo, M. W. (2025). PENGARUH BRAND IMAGE, UGC DAN E-WOM DI TIKTOK TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SOMETHINC. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1037-1044. https://doi.org/10.29407/wzf4zj41

Similar Articles

1-10 of 78

You may also start an advanced similarity search for this article.