PENGARUH PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING, INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAJANAN TRADISIONAL DUMBLEG KHAS GONDANG NGANJUK

Authors

  • Nabila Putri Aulia universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/tynq1033

Keywords:

Digital Marketing, Inovasi Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana pengaruh digital marketing, inovasi produk, dan harga terhadap keputusan pembelian jajanan tradisional dumbleg yang khas dari Gondang Nganjuk. Metode penelitian yang dipilih adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi yang diteliti mencakup semua pelanggan jajanan tradisional dumbleg khas Gondang Nganjuk, jumlahnya tidak dapat ditentukan. Smpel diambil dari 40 responden menggunakan teknik pengambilan sampel purposive. Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi linear berganda menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) digital marketing memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) inovasi produk memberikan pengaruh positif tetapi tidak signifikan secara statistik terhadap keputusan pembelian, (3) harga juga memberikan pengaruh positif namun aktivitas ini tidak signifikan secara statistik terhadap keputusan pembelian, dan (4) secara keseluruhan, digital marketing, inovasi produk, serta harga memberikan pengaruh positif dan signifikan dalam keputusan pembelian jajanan tradisional dumbleg khas Gondang Nganjuk.

References

[1] Kotler PKK. Marketing manajemen. vol. 22. 15 ed. 2016.

[2] Magdalena M. Pengaruh Digital Marketing Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Yamuna Pastry. J Res Manag 2022;3:226–34. https://doi.org/10.51713/jarma.v3i2.75.

[3] Subagyo. Pelatihan Digital Marketing Ibu Rumah Tangga Pelaku Usaha Mikro Di Kelurahan Pojok Kota Kediri. J ABDINUS J Pengabdi Nusant 2022;6:573–80. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17040.

[4] Putri PM, Marlien R. Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekon Ekon Syariah) 2022;5:25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510.

[5] Subagyo. Keunggulan Bersaing Memediasi Inovasi Produk dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran UMKM. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:814–25. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/8jgnrp55.

[6] Yulia Narta Z, Heriyanto M, Sutrisna E, Safitri S. Pengaruh Penerapan Digital Marketing dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rotte Bakery Cabang Bukit Barisan Pekanbaru. Jambura 2024;6:1562–7. https://doi.org/https://doi.org/10.37479/jimb.v6i3.23554.

[7] Damayanti S. PENGARUH PROMOSI ONLINE , ULASAN PRODUK DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO MADUMONGSO BU BINTI DI. Simp Manaj dan Bisnis II 2024;2:400–9. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/7hp8zh94.

[8] Amnstrong philip kotler & gary. Principles of Marketing. vol. 12. 2019. https://doi.org/10.2307/1246309.

[9] Subagyo. Pengaruh live streaming, online customer review dan cashback promotion terhadap minat beli produk pada fitur TikTok shop. Simp Manaj dan Bisnis 2023;2:189–98. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/h07dxp84.

[10] Wahidalia PK, Wulandari NLAA. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Holist J Manag Res 2023;3:2343–50.

[11] Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.

[12] Susi. PENGARUH DIGITAL MARKETING, STORE ATMOSPHERE, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di “Risky Shafira” Cuci Mobil dan Sewa Mobil Nganjuk) 2023:2588–93.

[13] Ghozali. Ghozali-2018_Compress.Pdf 2018:490.

[14] Setiawan AW, Fadhilah M, Hutami LTH. Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek di Mixue Yogyakarta. Reslaj Relig Educ Soc Laa Roiba J 2023;6:1157–77. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i3.4846.

[15] Setiyanti S, Ansori MI. Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote. Profit J Manajemen, Bisnis dan Akunt 2024;3:211–26. https://doi.org/10.58192/profit.v3i2.2121.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Aulia, N. P., & Damayanti, S. . (2025). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING, INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAJANAN TRADISIONAL DUMBLEG KHAS GONDANG NGANJUK. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 511-517. https://doi.org/10.29407/tynq1033

Similar Articles

1-10 of 385

You may also start an advanced similarity search for this article.