ANALISIS DETERMINAN MINAT BELI PRODUK SUSTAINABLE FASHION MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Keywords:
Pengetahuan Lingkungan, Kepedulian Lingkungan, Sikap Konsumen, Minat Beli Produk Sustainable FashionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan terhadap minat beli produk sustainable fashion mahasiswa FEB UNY dengan sikap konsumen sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling jenis stratified proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 347 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (2) kepedulian lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (3) pengetahuan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen (4) kepedulian lingkungan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap sikap konsumen (5) sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (6) pengetahuan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli melalui sikap konsumen sebagai variabel mediasi (7) kepedulian lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli melalui sikap konsumen sebagai variabel mediasi.