ANALISIS FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA APLIKASI GOJEK

Authors

  • Dinda Putri Maharani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Wisnu Setya Bhirawa Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Go-Jek baik secara simultan maupun parsial. Teknik penelitian ini menggunakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi mahasiswa program studi manajemen tingkat 4 yaitu 240 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sehingga Jumlah sampel yang diambil adalah 50 responden dari konsumen yang melakukan pembelian menggunakan Aplikasi Go-Jek dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik yaitu analisis regresi linier berganda, pengujian signifikan simultan dan parsial, pengujian determinasi dan pengujian statistik (uji f dan uji t). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Go-Jek.

Downloads

Published

2022-08-01