Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum pembelajaran dengan sistem offline dan sesudah menggunakan google classroom dan mendeskripsikan kendala-kendala pembelajaran online dengan menggunakan google classroom siswa XI AKL mata pelajaran Akuntansi di SMK PGRI 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah 25 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner online, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa uji deskriptif pada pembelajan online menggunakan google classroom diperoleh diperoleh thitung>ttabel dengan nilai 19.013>2,068 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti pembelajaran online menggunakan google classroom secara parsial efektif terhadap hasil belajar dengan siginifikansi (Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa google classroom efektif dalam pembelajaran online, hasil uji komparatif yang didapatkan dengan siginifikansi p value (Sig. (2-tailed) = 0,003. Karena p value 0,003<0,05 maka H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan, nilai sebelum pembelajaran dengan sistem offline dan sesudah menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa, akan tetapi masih ada kendala-kendala yang mengakibatkan pembelajaran online menggunakan google classroom kurang menyenangkan.
References
Putri NA. Efektivitas Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan Ekonomi. 2020;3(4):627–34.
Heryadi F. Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah DI
SMK NEGERI 2 Ketapang Use Of Google Forms As A Media For Online Learning In The Pandemi Time Covid-19 In Historical Lessons At
SMK NEGERI 2. 2021;II:14–24.
Nur WNR, Yumna T, Fortunilla A, Prastyaningtyas EW. Pengaruh Pembelajaran E-Learning/Online Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa
Pendidikan Ekonomi Tingfkat II UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Selama Pandemi Covid-19. 2020;499.
Sholeh M, Masfuah S. Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa.
;7(1):134–40.
Betaubun SL, Hermansyah AK, Sumarsono A, Purwanty R, Tembang Y. Mind Mapping Method To Improve Writing Creativity And
Student Learning Results In Health Materials Pemaparan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Pada Masa Anis.
Musamus J Prim Educ. 2018;1(1):1–12.
Lestari LF, Setiawan D. Dampak Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Whatsapp Group Dan Google Classroom Terhadap Motivasi
Belajar DI SDN BRATI 02. 2021;
Masahere U. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa.
;2507(February):1–9.
Suhada I, Kurniati T, Pramadi A, Listiawati M, Biologi PP, Gunung S, et al. Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa
Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digit Libr UIN Sunan Gunung Jati [Internet]. 2020;2019:1–9. Available from: